7 Cara Mencegah Hepatitis Akut yang Banyak Menyerang Anak-anak

Siti Nur Aeni
11 Mei 2022, 07:40
7 Cara Mencegah Hepatitis Akut yang Banyak Menyerang Anak-anak
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Pasien bernama Fandri (kiri) siswa kelas 3 SMPN 20 Depok penderita Hepatitis A menjalani rawat inap di RSUD Depok, Jawa Barat, Jumat (22/11/2019). Dinas Kesehatan Kota Depok menyatakan terdapat indikasi penyebaran virus Hepatitis A di lingkungan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 20 Depok, yakni sebanyak 70 siswa terjangkit virus tersebut.

Kasus hepatitis akut misterius telah menggemparkan dunia medis. Penyakit ini menyerang anak usia satu bulan hingga 16 tahun. Pada awal Mei lalu, Kementerian Kesehatan mengumumkan terdapat tiga anak di wilayah Jakarta yang meninggal dunia diduga karena hepaitits akut.

Sementara itu, WHO menyebutkan kemunculan penyakit ini seagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Penyakit ini diketahui tidak disebabkan oleh virus hepatitis A, B, C, D, maupun E. Dugaan awal, haptitis akut ini disebabkan oleh infeksi adenovirus serotype 41 yakni adenovirus yang biasanya menyebabkan muntaber.

Walaupun demikian, penyebab dari hepatitis akut ini masih terus diteliti. Karena termasuk penyakit berbahaya, maka kita perlu mewaspadainya. Tak ada salahnya untuk melakukan serangkaian pencegahan agar terhindar dari penyakit ini.

Bagaimana cara mencegah hepatitis akut ini? Mengutip dari klikdokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Mencegah Hepatitis Akut

1. Rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir

Cara mencegah hepatitis akut yang pertama yaitu dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Hal ini dikarenakan penularan hepatitis akut diduga melalui makanan, tangan, dan benda yang telah terkontaminasi percikan air liur atau kotoran orang yang terinfeksi adenovirus.

2. Konsumsi makanan dan minuman yang matang sempurna

Infeksi adenovirus banyak menyerang saluran pencernaan anak. Maka dari itu, upaya pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan memasak makanan dan miniman hingga benar-benar matang. Pasalnya, makanan atau minuman yang tidak matang berpeluang tinggi terkontaminasi adenovirus.

3. Gunakan alat makan pribadi

Menggunakan alat makan pribadi juga dapat menjadi salah satu cara mencegah hepatitis akut. Maka dari itu, sebaiknya bekali anak dengan perlengkapan makan pribadi sebelum berangkat sekolah ataupun main di luar rumah.

Selain itu, para orang tua juga perlu mengingatkan anak-anak agar tidak berbagai perlengkapan makan dengan orang lain. Dengan demikian, anak bisa terhindar dari risiko penularan hepatitis akut.

4. Kenakan masker saat berada di luar rumah

Penggunaan masker dipercaya bisa mencegah hepatitis akut. Hal ini dikarenakan adenovirus diduga dapat menular lewat percikan air liur yang menyebar dari batuk atau bersin. Maka dari itu, ingatkan anak agar selalu mengenakan masker saat berada di luar rumah atau di tempat ramai.

5. Jaga jarak dengan orang yang sakit

Agar tidak tertular hepatitis akut, sebaiknya selalu jaga jarak dengan orang lain terutama orang yang sakit. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Pediatrics & Child Health, gangguan pada organ hati akibat adenovirus lebih rentan dialami anak dengan sistem imun lemah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement