5 Obat Hepatitis Alami Ini Mampu Meringankan Gejala

Siti Nur Aeni
9 Mei 2022, 07:39
Teh hijau dipercaya sebagai salah satu obat hepatitis alami
EKATERINA BOLOVTSOVA/Pexels
Teh hijau dipercaya sebagai salah satu obat hepatitis alami

Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengumumkan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit hepatitis akut. Penyakit ini diketahui menyerang anak-anak usia satu hingga 16 bulan. Munculnya KLB membuat banyak orang bertanya-tanya adakah obat hepatitis alami? Untuk mendapatkan jawabannya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Hepatitis?

Hepatitis adalah kondisi peradangan di organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis. Sejauh ini kita mengenal lima jenis hepatitis yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Namun baru-baru ini WHO mengumumkan kemunculan kasus hepatitis akut yang telah menyebar di beberapa negara termasuk Indonesia.

Advertisement

Menurut penjelasan di Alodokter.com, gejala umum dari penyakit ini antara lain; mual dan muntah, demam, mudah merasa lelah, warna feses berubah menjadi lebih pucat, urine lebih gelap, nyeri perut, nyeri di persendian, tidak nafsu makan, mengalami penyakit kuning, hingga berat badan menurun.

Sementara itu Prof. Hanifah yang merupakan dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FKUI dalam situs Sehatnegeriku.kemkes.go.id, menyebutkan bahwa gejala umum dari penyakit hepatitis akut antara lain; mual, muntah, sakit perut, diare, terkadang disertai demam ringan. Selain itu, ada juga gejala berat seperti air seni berwarna lebih pekat menyerupai teh dan feses berwarna putih pucat.

Bahan Alami untuk Mengobati Hepatitis

Menurut penjelasan di Hellosehat.com, setiap jenis hepatitis memiliki gejala yang berbeda, sehingga pengobatan yang diberikan juga berbeda sesuai dengan jenis penyakit tersebut. Pemberian obat pada penderita hepatitis juga harus disesuaikan dengan kondisi pasien.

Umumnya, dokter akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat keparahan kerusakan hati, kondisi kesehatan pasien, hingga jumlah virus yang menginfeksi. Selain menggunakan obat yang diresepkan dokter, ternyata ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa membantu pengobatan penyakit ini

Walaupun demikian, perlu dipahami bahwa penggunaan bahan alami sebagai obat hepatitis tidak bisa menyembuhkan hepatitis seutuhnya. Bahan alami hanya berperan untuk meringankan gejala. Tak hanya itu, pemberian bahan-bahan alami sebagai obat hepatitis juga harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Lantas, apa saja obat hepatitis alami? Mengutip dari hellosehat.com, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Milk Thistle

Milk thistle dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan saluran empedu, kantung empedu, dan hati. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cellular Microbiology, menyebutkan bahwa milk thistle dapat menghambat virus hepatitis yang masuk ke sel hati.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement