6 Manfaat Kaviar untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
17 Mei 2022, 08:21
6 Manfaat Kaviar untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui
pixabay.com
Kaviar hitam dan merah

Apakah Anda pernah mencicipi kaviar? Makanan dengan harga selangit ini biasanya ditambahkan sebagai topping yang membuat cita rasa makanan semakin kaya. Tak hanya enak, makanan yang satu ini ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Kaviar?

Kaviar adalah telur dari ikan air asin yang bermigrasi ke air tawar hanya untuk bertelur. Ikan tersebut dikenal dengan nama ikan sturgeon. Ikan ini berasal dari Laut Hitam atau Laut Kaspia yang ada di antara Eropa dan Asia serta pesisir Atlantik sebelah selatan Amerika Serikat.

Kaviar memiliki bentuk, warna, hingga rasa yang mirip dengan telur ikan yang sering kita jumpai di makanan Jepang. Namun, karviar memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan telur ikan biasa. Keistimewaan tersebutlah yang membua harga kaviar sangat mahal.

Selain rasanya yang enak, kaviar juga dilengkapi dengan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Melansir dari sehatq.com, disebutkan bahwa makanan ini memiliki kandungan kolin dan omega-3 yang tinggi. Tak hanya itu, kaviar juga mengaandung energi, protein, kalsium, magnesium, dan fosfor yang berguna untuk kesehatan.

Walaupun demikian, konsumsi kaviar juga tidak boleh berlebihan. Pasalnya, terlu ikan juga mengandung sodium dan kolesterol yang tinggi. Kedua zat ini jika terlalu banyak dikonsumsi bisa mengakibatkan beberapa masalah kesehatan.

Manfaat Kaviar untuk Tubuh

Kini kita mengetahui bahwa kaviar memiliki ragam kandungan nutrisi yang penting untuk menunjang kesehatan. Wajar jika makanan mahal yang satu ini memiliki sederet manfaat yang penting untuk tubuh. Berdasarkan penjelasan di halodoc.com, berikut beberapa manfaat kaviar unuk tubuh yang perlu diketahui.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kaviar merupakan makanan yang kaya omega-3. Maka dari itu, makanan ini bisa membantu memelihara kesehatan jantung. Kandungan omega-3 dalam kaviar juga bermanfaat untuk mengatasi pembekuan darah, mencegah pengerasan arteri, hingga mengurangi risiko penyakit kantung, atau arteri tersumbat. Konsumsi kaviar juga dipercaya dapat menurunkan darah tinggi dan kadar trigliserida dalam tubuh.

2. Sumber Selenium

Selenium adalah mineral yang bekerja bersama vitamin E untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan senyawa lain dalam tubuh. Perlu dipahami bahwa radikal bebas menjadi salah satu pemicu penyakit jantung dan gangguan kesehatan lain seperi kanker.

Tak hanya itu, selenium juga berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mendukung pertumbuhan sel. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa mencukupi kebutuhan selenium dapat membuat tubuh tetap sehat dan bekerja dengan optimal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...