Mengulas Pengertian Radiasi Lengkap dengan Efeknya Pada Kesehatan

Siti Nur Aeni
31 Mei 2022, 16:08
Mengulas Pengertian Radiasi Lengkap dengan Efeknya Pada Kesehatan
ANTARA FOTO/REUTERS/Francois Lenoir/File Photo/aww/sad.
Francois Lenoir/File Photo ARSIP FOTO: Pemandangan pembangkit listrik tenaga nuklir Tihange di Electrabel, unit Belgia dari perusahaan Prancis Engie, mantan GDF Suez, di Tihange, Belgia, Selasa (29/12/2015).

Kita mungkin sering mendengar istilah radiasi. Istilah ini biasanya berhubungan dengan ilmu fisika dan kesehatan. Lantas, apa yang dimaksud dengan radiasi? Simak penjelasan lengkap seputar pengertian radiasi hingga efeknya terhadap kesehatan manusia.

Pengertian Radiasi

Makna dari radiasi sebenarnya sangat beragam. Menurut penjelasan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian radiasi adalah pemancar dan kerambatan gelombang yang membawa tenaga lewat ruang atau zat antara.

Penjelasan seputar makna radiasi juga diterangkan dalam situs kesmas.kemkes.go.id. Dalam situs tersebut, diterangkan bahwa radiasi adalah energi yang terpancar dari materi atau atom dalam bentuk partikel atau gelombang.

Sementara itu, dalam situs hellosehat.com disebutkan bahwa pengertian radiasi adalah energi yang dilepaskan dalam bentuk gelombang atau partikel. Jika dilihat dari muatan listrik yang dihasilkan setelah menumbuk objek, maka radiasi terbagi atas radiasi ion dan non ion.

Radiasi non ion sering dijumpai dalam bentuk gelombang radio, gelombang mikro (radiasi microwave), inframerah, cahaya yang terlihat mata, radiasi komputer, dan sinar ultraviolet. Sementara itu, radiasi ion terdiri atas sinar-X (CT scan), sinar gamma, beta, alfa, dan neutron. Radiasi ion terbilang berbahaya, karena sifanya mampu memberikan muatan listrik terhadap objek yang dipaparnya.

Muatan tersebut juga bisa memberikan efek negatif. Khususnya, apabila objek yang dikenainya termasuk kelompok makhluk hidup.

Sumber Radiasi di Lingkungan

Radiasi sejatinya tidak muncul begitu saja. Ada hal yang membuat energi ini muncul. Berdasarkan keterangan hellosehat.com, sumber radiasi bisa berasal dari radiasi kosmik, unsur radioaktif di bumi, unsur radioaktif dalam tubuh manusia, hingga radiasi buatan manusia. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Radiasi Kosmik

Sumber radiasi ini berasal dari partikel matahari dan bintang yang masuk ke atmosfer bumi. Beberapa partikel bisa mencapai tanah, sedangkan partikel lain hanya berinteraksi dengan atmosfer dan berubah menjadi beragam jenis radiasi.

Tingkat radiasi ini meningkat saat kita semakin dekat dengan sumbernya. Maka dari itu, jumlah radiasi kosmik umumnya meningkat seiring dengan ketinggian lokasi. Semakin tinggi sebuah lokasi, semakin tinggi dosis radiasi kosmiknya.

2. Unsur Radioaktif Bumi

Sumber radiasi lainnya yaitu berasal dari usnur radioaktif bumi seperti uranium, torium, dan radon. Unsur radiaktif ini memiliki inti atom yang tidak stabil. Unsur tersebut mengalami peluruhan radiaktif hingga intinya stabil. Proses ini kemudian menghasilkan energi berbentuk radiasi ion.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...