Jumlah Pemain Futsal dan Posisinya yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
9 Juni 2022, 08:01
Jumlah Pemain Futsal dan Posisinya yang Perlu Diketahui
ANTARA FOTO/Indrayadi TH/hp.
Ilustrasi, permainan futsal

Kita pasti sudah tidak asing dengan permainan futsal. Sekilas olahraga yang satu ini menyerupai sepak bola. Faktanya, futsal dan sepak bola berbeda.

Salah satu pembedanya yaitu pada jumlah pemain futsal dan sepak bola. Jumlah pemain sepak bola ada 11 orang, sedangkan permainan futsal hanya diisi lima orang saja setiap timnya.

Di kesempatan kali ini, kita akan mengulas beberapa hal tentang permainan futsal. Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Futsal?

Istilah "futsal" berasal dari Bahasa Spanyol atau Portugis, futbol dan sala. Futsal adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim berisi lima orang anggota 

Tujuan dari permainan ini sama seperti sepak bola yaitu mencetak gol ke gawang lawan. Tim dengan jumlah gol terbanyak, akan keluar sebagai pemenangnya.

Di dalam lapangan, pemain yang bertugas menyelesaikan pertandingan hanya lima orang saja. Namun di luar lapangan, masing-masing tim boleh membawa pemain cadangan.

Jumlah Pemain Futsal dan Posisinya

Jumlah pemain futsal sebanyak lima pemain per tim. Pemain tersebut terbagi atas empat posisi dengan tugas yang berbeda-beda. Adapun posisi pemain dalam permainan futsal sebagai berikut:

1. Posisi Kiper

Kiper merupakan posisi yang tugasnya untuk menghalau bola masuk agar tidak masuk ke gawang. Selain itu, kiper dalam permainan futsal juga bertugas membantu serangan tim.

Maka dari itu, kiper futsal harus mempunyai visi, akurasi umpan, akurasi tembakan, dan kemampuan membaca situasi yang baik. Selain itu, kiper memiliki keistimewaan karena bisa menyentuh bola menggunakan tangan saat bermain di lapangan.

2. Posisi Anchor

Posisi pemain futsal selanjutnya yaitu anchir. Posisi ini memiliki peran ganda yaitu pemain bertahan sekaligus pemain yang tugasnya mengatur serangan. Dengan kata lain, posisi anchor ini gabungan antara back dan midfielder dalam sepak bola.

Tugas ganda tersebut membuat anchor harus memiliki kemampuan yang baik dalam penguasaan bola. Tak hanya itu, anchor juga harus memiliki kekuatan tersendiri karena anchor termasuk posisi pertama dalam memulai serangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...