Transjakarta Catat Sudah 13 Ribu Penumpang Menjajal Bus Listrik

Cindy Mutia Annur
24 Juni 2019, 07:39
bus listrik transjakarta, perpres mobil listrik
ANTARA FOTO/FANNY OCTAVIANUS
Sejak Lebaran lalu, moda transportasi bus Transjakarta melakukan pra-uji coba tiga bus listrik di Jakarta. Tercatat, ada 13 ribu penumpang yang telah mencoba bus yang didatangkan dari Tiongkok itu.

Sejak Lebaran lalu, moda transportasi bus Transjakarta melakukan pra-uji coba tiga bus listrik di Jakarta. Tercatat, ada 13 ribu penumpang yang telah mencoba bus yang didatangkan dari Tiongkok itu. 

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, berdasarkan hasil pra-uji tersebut, bus listrik sudah siap untuk dioperasikan di Jakarta. "Warga sangat antusias, mereka bilang busnya nyaman, tidak ada bunyinya seperti bus pada umumnya yang bising, dan tidak ada knalpot sehingga tidak ada asap," ujar Agung saat ditemui dalam acara Forum Diskusi Busan dan Kendaraan Listrik (FUSE), Minggu (23/6).

Transjakarta melakukan pra-uji coba di tempat-tempat wisata seperti di Monas, Ancol, dan Taman Mini sehingga antusiasme penumpang pun cukup tinggi. Lokasi ini juga dipilih karena proses uji coba terbentur belum adanya Peraturan Presiden (Perpres) mengenai mobil listrik yang diatur oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Tanpa Perpres itu, maka bus listrik pun belum memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), plat nomor, dan sertifikat uji tipe kendaraan. "Sebenarnya kami sudah siap (beroperasi), tetapi regulasi yang lebih tinggi dari tingkat DKI Jakarta diperlukan," ujarnya.

Ia melanjutkan, saat ini instansinya baru mengantongi surat keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinisi DKI Jakarta Nomor 120 Tahun 2019 tentang Penugasan PT Transjakarta untuk melakukan uji coba bus listrik. "Kami mendengar ada draft Perpres yang tengah disusun, sehingga kami harapkan ini akan menjadi sebuah dukungan dari pemerintah pusat ke pemerintah DKI untuk menjalankan bus listrik," kata Agung.

(Baca: Menteri Luhut: Perpres Kendaraan Listrik Paling Lambat Terbit Mei 2019)

Apabila STNK bus listrik bisa diterbitkan, maka Transjakarta akan melakukan uji coba operasional bus listrik.  Uji coba akan dilakukan selama enam bulan di Koridor 1 Blok M-Kota dan Koridor 6 Ragunan-Dukuh Atas. Bus Selesai tahap itu, bus Transjakarta secara bertahap akan diganti dengan bus listrik. Tapi, Agung mengatakan, hal itu juga tergantung dari hasil uji coba yang akan dilakukan oleh instansinya nanti.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...