Menteri Luhut: Perpres Kendaraan Listrik Paling Lambat Terbit Mei 2019

Image title
22 April 2019, 20:27
Luhut Binsar Panjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia  menghadiri peluncuran taksi listrik oleh Bluebird  di kantor Pusat Bluebird Group, Jakarta Selatan (22/3). Penggunaan armada taksi listrik ini menjadi salah satu langkah awal
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Luhut Binsar Panjaitan adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia  menghadiri peluncuran taksi listrik oleh Bluebird  di kantor Pusat Bluebird Group, Jakarta Selatan (22/3). Penggunaan armada taksi listrik ini menjadi salah satu langkah awal dan wujud nyata akan kontribusi Bluebird terhadap pelestarian lingkungan, khususnya di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Peraturan Presiden mengenai kendaraan listrik akan terbit paling lambat Mei 2019. Ini menyusul peluncuruan taksi listrik oleh PT Blue Bird Tbk pada hari ini.

"Bulan ini kami harapkan, paling lambat bulan depan insya Allah bisa diselesaikan Prepresnya," ujar dia, saat ditemui di Kantor Pusat PT Blue Bird, di Jakarta, Senin (22/4).

Selain itu, Luhut juga menyatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan industri baterai lihtium di Morowali, Sulawesi Tengah. Sementara PT Persusahaan Listrik Negara (Persero) akan membangun Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Kedua proyek ini diharapkan bisa mendorong penggunaan kendaraan listrik.

(Baca: Blue Bird Gelontorkan Rp 40 Miliar Untuk Datangkan Mobil Listrik)

Tahun ini, pemerintah menargetkan setidaknya ada 2.000 SPLU yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). SPLU ini nantinya akan dipasang alat fast charging sehingga pengisian 40 kilovolt Ampare (kVA) hanya membutukan waktu 25 menit untuk satu mobil.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan, biaya bahan bakar kendaraan listrik lebih efisien 40-50% dibandingkan kendaraan yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...