Tips Aman Melihat Gerhana Matahari Cincin pada 21 Juni 2020

Sorta Tobing
19 Juni 2020, 15:37
gerhana matahari cincin, kapan gerhana matahari cincin, cara melihat gerhana matahari cincin, apa itu gerhana matahari cincin, lokasi gerhana matahari cincin
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Warga mengamati gerhana matahari cincin parsial menggunakan kacamata di daerah Bekasi, Jawa Barat, Kamis (26/12/2019). Fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi pada 21 Juni 2020.

Gerhana matahari cincin akan terjadi pada 21 Juni nanti. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan masyarakat di Indonesia dapat melihat gerhana itu secara sebagian.

Peristiwa langka itu dapat disaksikan dengan jelas di Arab Saudi, Pakistan, India, Tiongkok, dan Taiwan. “Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Kepulauan Maluku dapat melihatnya sebagian,” kata Peneliti Lapan Rhorom Priyatikanto di Jakarta, Kamis (18/6), dikutip dari Antara.

Waktu pengamatan terbaiknya sekitar pukul 15.00 WIB. Di Sumatera, gerhana berlangsung pukul 14.30 sampai 15.30 WIB. Di Sulawesi, gerhana terjadi sekitar 30 menit setelah waktu tersebut.

(Baca: Telat Melihat Supermoon Tadi Malam, Berikut Jadwal Berikutnya)

Apa Itu Gerhana Matahari Cincin?

Fenomena antariksa ini terjadi ketika matahari tertutup bulan dan tersisa bagian tepinya yang tak tertutup. Bagian yang tidak tertutup itu kalau dilihat dari bumi bentuknya seperti cincin.

Rhorom mengatakan posisi bumi, bulan, dan matahari hampir segaris ketika gerhana terjadi. Bulan sedikit jauh dari bumi sehingga tampak lebih kecil dan tak bisa menutupi seluruh piringan matahari.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...