Selain Nikel, Kemenko Marves Dorong Eksplorasi Bauksit & Tembaga

Image title
23 Maret 2021, 15:57
nikel, bauksit, tembaga, komoditas, baterai, mobil listrik
ANTARA FOTO/Jojon
Ilustrasi. Permintaan nikel, bauksit, dan tembaga, diprediksi akan naik di masa depan.

Permintaan nikel, bauksit, dan tembaga, diprediksi akan naik di masa depan. Hal ini seiring dengan langkah transisi energi dari fosil ke energi terbarukan di beberapa negara. Komoditas mineral itu menjadi bahan baku utama pembuatan baterai.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto mengatakan berdasarkan data dari Badan Geologi Amerika Serikat cadangan nikel Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Jumlahnya sekitar 21 juta ton.

Masih banyak lagi peluang dari sisi geologi untuk dapat menggenjot cadangan dari komoditas tersebut. "Saya rasa peran Badan Geologi untuk mineral nikel ini sangat penting untuk mendorong eksplorasi guna meningkatkan cadangan," kata dia dalam webinar Forum Geologi Nasional "Geologi untuk Pembangunan Berkelanjutan", Selasa (23/3).

Mineral yang juga tak kalah penting adalah tembaga. Permintaannya juga akan naik seiring peningkatan pengembangan kendaraan listrik atau EV.

Dalam satu mobil listrik, Seto menyebut, kandungan tembaganya diperkirakan bisa mencapai empat hingga lima kali dibandingkan dengan mobil konvensional. “Jadi, permintaannya kami perkirakan juga akan meningkat cukup signifikan ke depan," kata dia.

Untuk bauksit, menurut dia, juga bakal mempunyai peran strategis kedepannya. Mineral tambang ini dipakai untuk campuran dalam pembuatan kerangka mobil listrik.

Dengan menggunakan bauksit, rangka mobil akan lebih ringan. Kekuatannya pun tak kalah dibandingkan dengan bahan baku lainnya. "Kalau lebih ringan, maka mobilnya bisa melaju lebih lebih jauh," ujarnya.

Karena itu, perlu pemetaan kembali sebaran lokasi penghasil tiga komoditas tersebut. Upaya melakukan eksplorasi lebih lanjut dapat meningkatkan cadangannya dan ketahanan ekonomi Indonesia.

Soal Data Cadangan Nikel

Data cadangan nikel disebut tak sebesar pemaparan pemerintah. Kepala Bidang Mineral Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Moehamad Awaludin cadangan nikel setiap tahun selalu dipublikasikan. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...