Pasca Lebaran, Tingkat Okupansi Mal Diprediksi Menurun

Cahya Puteri Abdi Rabbi
19 Mei 2021, 15:53
lebaran, ramadan, mal, pusat perbelanjaan, appbi
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Sejumlah pengunjung berjalan di Mal Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (14/5).

Tingkat kunjungan ke mal atau pusat perbelanjaan pada masa Lebaran 2021 naik 30% sampai 40% dibandingkan tahun sebelumnya. Masa puncak kunjungan berlangsung pada 1 hingga 2 Mei 2021.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan pada masa puncak itu, rata-rata kunjungan ke pusat perbelanjaan hampir mendekati batas maksimal kapasitas 50%.

Penerapan batas maksimal di pusat perbelanjaan sejalan dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di beberapa kota besar di Indonesia. Tujuannya agar para pengunjung dapat tetap menjaga jarak di tengah pandemi Covid-19. 

Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada saat Lebaran, yakni 13 dan 14 Mei 2021, masih di bawah masa puncak tersebut. “Tingkat kunjungannya hanya sekitar 70% sampai 80% dibandingkan pada awal Mei lalu,” kata Alphonzus kepada Katadata.co.id, Rabu (19/5).

Jumlah pengunjung ke pusat belanja, menurut dia, belum pulih seperti sebelum pandemi. Usai Ramadan dan Lebaran, jumlahnya kemungkinan turun karena memasuki low season. “Minggu ini tingkat kunjungan kami perkirakan akan sama saja dan bahkan cenderung mulai melandai,” ujarnya.

Larangan mudik dan pembatasan mobilitas masyarakat membuat tingkat kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan cenderung menurun. Hal ini terjadi merata, baik di perkotaan maupun daerah. “Tidak ada perbedaan tingkat kunjungan yang siginifikan,” ucap Alphonzus.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...