SKK Migas Targetkan Pengembangan Lapangan Gas Maha Mulai Tahun Depan

Image title
8 Juni 2021, 15:11
skk migas, migas, gas, west ganal, lapangan maha
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi lapangan gas lepas pantai.

SKK Migas menargetkan rencana pengembangan atau plan of development (PoD) Lapangan Maha di Wilayah Kerja West Ganal, lepas pantai Kalimantan Timur, dapat dimulai pada kuartal II tahun depan. Target ini dipatok setelah Eni, selaku operator, mengumumkan temuan cadangan minyak dan gas bumi (migas) baru di lapangan tersebut.

Perusahaan asal Italia itu menemukan gas usai mengebor sumur appraisal (penilaian) Maha-2. Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan untuk memastikan besaran cadangan, maka dua sumur penilaian lainnya rencananya akan dilakukan pengeboran pada tahun ini. 

Setelah itu, ia berharap Eni dapat mengajukan tahapan rencana pengembangan di tahun depan. Sehingga blok migas tersebut dapat beroperasi di 2024. "Asumsi onstream-nya kuartal III-2024,” kata Dwi dalam acara peresmian Lapangan Merakes, Selasa (8/6).

Proyek ini diperkirakan dapat menggantikan kontribusi produksi dari Lapangan Merakes setelah dua tahun mengalami puncak produksi. Dengan begitu, fasilitas produksi berupa kapal apung (floating production unit/FPU) di Lapangan Jangkrik tetap optimal.

Managing Director Eni Indonesia Diego Portoghese mengatakan, pihaknya telah membahas secara intens kelanjutan temuan lapangan tersebut dengan SKK Migas. Perusahaan juga akan bekerja sama dengan para mitra lainnya dalam menggarap potensi Blok West Ganal. "Kami akan bekerja sama dengan Pertamina. Partnership ini udah cukup kuat," kata dia. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...