Harga Minyak Catat Kenaikan Tiga Pekan Berturut-Turut

Sorta Tobing
12 Juni 2021, 14:04
harga minyak, opec, migas
KATADATA
Ilustrasi harga minyak.

Harga minyak mencatat kenaikan tiga pekan berturut-turut. Sentimen positif muncul pada komoditas ini di tengah membaiknya permintaan bahan bakar minyak dunia.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus pada perdagangan penutupan kemarin, Jumat (11/6), terangkat 17 sen menjadi US$ 72,69 per barel. Pekan ini harga minyak acuan dunia itu telah naik 1%.

Advertisement

Lalu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli bertambah 62 sen menjadi US$ 70,91 per barel. Angka ini merupakan level tertinggi sejak Oktober 2018. WTI telah naik 1,9% pada minggu ini.

“Permintaan minyak menguat lebih cepat daripada pasokan. Kami membutuhkan lebih banyak suplai untuk memenuhi permintaan,” kata analis senior di Price Futures Group Phil Flynn.

Dalam laporan bulanannya, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan organisasi negara pengekspor minyak dan sekutunya alias OPEC+ perlu meningkatkan produksi guna memenuhi permintaan yang akan pulih ke tingkat pra-pandemi pada akhir 2022.

Pada tahun itu, OPEC+ memiliki ruang untuk meningkatkan pasokan minyak mentah sebesar 1,4 juta barel per hari di atas target Juli 2021 dan Maret 2022. "OPEC+ perlu membuka keran untuk menjaga pasokan minyak dunia secara memadai," kata pengawas energi yang berbasis di Paris tersebut.

Bank investasi Amerika Serikat, Goldman Sachs, memperkirakan harga Brent dapat mencapai US$ 80 per barel pada musim panas ini. Hal ini seiring dengan peluncuran vaksin dan meningkatnya aktivitas ekonomi global.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement