Pantau Kadar Normal Saturasi Oksigen Saat Corona, Ini Cara Mengeceknya

Sorta Tobing
28 Juni 2021, 14:20
saturasi oksigen, cara mengecek kadar saturasi oksigen, tabung oksigen, covid-19, pandemi corona, virus corona
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah warga membawa tabung oksigen yang telah diisi ulang di gerai isi ulang oksigen medis wilayah Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis, (25/6/2021).

Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia membuat kebutuhan oksigen medis meningkat. Sejumlah rumah sakit mulai kekurangan berbagai alat kesehatan, khususnya tabung oksigen.

Di Jakarta, kebutuhan oksigen naik dua hingga tiga kali lipat dari biasanya. Permintaan tabung oksigen medis di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, pada akhir pekan lalu naik 15%. 

Advertisement

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin ketersediaan tabung oksigen. Hanya saja, distributor kekurangan kendaraan dan sumber daya manusia untuk memasoknya. 

Rapat koordinasi bersama para distributor oksigen telah ia lakukan pada Jumat pekan lalu. “Mereka menyampaikan pasokan cukup tapi kekurangan kendaraan dan personalia untuk distribusinya,” kata Anies siang tadi, Senin (28/6), dikutip dari Antara

Tabung oksigen menjadi penting saat ini untuk menangani pasien dengan saturasi oksigen di bawah 95%. Sebagai informasi, virus Covid-19 alias SARS-CoV-19 menyerang saluran pernapasan yang dapat membuat pasien sesak napas dan kekurangan oksigen.

Kasus Covid-19 Melonjak, Kebutuhan Oksigen Medis Rumahan Meningkat
Kasus Covid-19 Melonjak, Kebutuhan Oksigen Medis Rumahan Meningkat (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

Apa Itu Saturasi Oksigen?

Saturasi oksigen adalah ukuran kadar oksigen dalam aliran darah. Dokter perlu mengetahui angkanya untuk mengetahui kondisi pasien sedang kekurangan oksigen atau tidak.

Dilansir dari situs Verywell Health, ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat saturasi oksigen. Salah satunya, jumlah oksigen yang dihirup pasien. Lalu, lancar atau tidak proses pertukaran gas di paru-paru. Ada pula konsentrasi hemoglobin di dalam sel darah merah. Hingga, tingkat kekuatan hemoglobin dalam mengikat oksigen.

Sebagai informasi, hemoglobin merupakan bagian darah yang bertugas mengikat oksigen dan mengedarkannya ke organ, jaringan, dan sel tubuh. Setiap sel darah merah umumnya mengandung sekitar 270 juta hemoglobin.

Kadar Saturasi Oksigen Normal

Dokter Spesialis Paru Erlina Burhan kepada BBC News Indonesia mengatakan, kadar oksigen normal dalam darah manusia di atas 95%. Saat kadar oksigen berada di bawah 90%, seseorang akan bernapas cepat. Pada titik 75%, pasien dapat kehilangan kesadaran atau pingsan.

Tubuh yang kekurangan oksigen ditandai dengan beberapa gejala. Misalnya, pusing, jantung berdebar kencang, batuk, sesak napas, bingung, dan kulit kebiruan. Penurunan saturasi oksigen di bawah level kritis harus diberi oksigen tambahan.

Mengutip dari Alodokter, Dokter Meva Nareza menyebut ada dua metode pemeriksaan saturasi oksigen. Yakni, dengan tes analisis gas darah (AGD) dan alat pulse oximeter.

Cek saturasi oksigen dengan AGD dilakukan dengan mengambil sedikit sampel darah dari pembuluh darah arteri di pergelangan tangan atau selangkangan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement