Ketahui Cara Mendapatkan Obat Covid-19 Melalui Aplikasi Telemedicine

Siti Nur Aeni
8 Juli 2021, 10:43
Halodoc - aplikasi telemedicine yang bisa menjadi salah satu cara mendapatkan obat covid 19 gratis
Katadata
Halodoc - aplikasi telemedicine yang bisa menjadi salah satu cara mendapatkan obat covid 19 gratis

Tingginya angka kasus dalam dua pekan terakhir membuat banyak orang berlomba-lomba mencari cara mendapatkan obat Covid-19. Masyarakat yang terpaksa harus isolasi mandiri karena  tidak mendapatkan rumah sakit mencari berbagai cara agar dapat cepat pulih. 

Pemerintah kini meluncurkan layanan telemedicine untuk memberikan kemudahan kepada pasien isolasi mandiri agar tetap terpantau dan bisa mendapatkan pengobatan serta layanan kesehatan gratis. Berikut penjelasannya. 

Skema Layanan Telemedicine

Layanan telemedicine  dapat diakses bagi siapa saja yang terpapar virus corona dan secara terpaksa harus isolasi mandiri di rumah karena tidak mendapatkan layanan di rumah sakit atau gejalanya ringan. Skema layanan ini, masyarakat yang dinyatakan terpapar Covid-19 oleh sistem pada laboratorium kesehatan yang terhubung dengan Kementerian Kesehatan, akan mendapatkan pemberitahuan baik melalui SMS atau pesan di aplikasi WhatsApp.

Dalam pesan singkat tersebut akan diberitahukan kode yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi telemedicine. Pasien isolasi mandiri dapat melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan dan mendapatkan obat untuk mempercepat proses penyembuhan. Seluruh layanan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Bahkan, pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri akan diantarkan obat gratis langsung ke rumah atau lokasi tempat isolasi mandiri. Dengan layanan ini, harapan pemerintah, pasien tetap mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah dan murah.

Pilihan Aplikasi Telemedicine

Setidaknya sudah ada 11 aplikasi telemedicine yang disediakan pemerintah untuk membantu pasien covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri. Berikut ini daftar aplikasi tersebut:

1. Aplikasi YesDok

Aplikasi ini bisa menghubungkan pasien dengan para dokter untuk melakukan berbagai konsultasi kesehatan. Dalam hal ini, pasien Covid-19 juga bisa mendapatkan rekomendasi obat untuk mempercepat proses pemulihan.

2. Aplikasi ProSehat

Aplikasi ini memberikan layanan konsultasi dengan dokter profesional selama 24 jam. Bukan hanya itu, melalui aplikasi ini Anda juga dapat membeli alat kesehatan, obat, vitamin, menggunakan layanan tes rapid, imunisasi, dan vaksinasi dengan mudah.

3. Aplikasi GetWell

Selanjutnya ada aplikasi GetWell yang kini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mendapatkan obat gratis untuk pasien isolasi mandiri Covid-19. Aplikasi ini juga akan menghubungkan Anda dengan dokter ahli yang siap memberikan layanan konsultasi. GetWell dapat diunduh melalui di PlayStore atau AppStore sesuai dengan jenis ponsel pintar yang Anda gunakan.

4. Aplikasi KlinikGo

Aplikasi ini bisa Anda gunakan juga untuk konsultasi dengan dokter profesional saat sedang isolasi mandiri. Aplikasi ini juga merupakan mitra dari Kementerian Kesehatan sehingga beberapa layanan dan fitur yang hadir juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...