Ketahui Cara Mendapatkan Obat Covid-19 Melalui Aplikasi Telemedicine

Ada beberapa layanan telemedicine yang menyediakan layanan konsultasi gratis dan menjadi salah satu cara mendapatkan obat Covid-19 gratis.
Image title
8 Juli 2021, 10:43
Halodoc - aplikasi telemedicine yang bisa menjadi salah satu cara mendapatkan obat covid 19 gratis
Katadata
Halodoc - aplikasi telemedicine yang bisa menjadi salah satu cara mendapatkan obat covid 19 gratis

Tingginya angka kasus dalam dua pekan terakhir membuat banyak orang berlomba-lomba mencari cara mendapatkan obat Covid-19. Masyarakat yang terpaksa harus isolasi mandiri karena  tidak mendapatkan rumah sakit mencari berbagai cara agar dapat cepat pulih. 

Pemerintah kini meluncurkan layanan telemedicine untuk memberikan kemudahan kepada pasien isolasi mandiri agar tetap terpantau dan bisa mendapatkan pengobatan serta layanan kesehatan gratis. Berikut penjelasannya. 

Skema Layanan Telemedicine

Layanan telemedicine  dapat diakses bagi siapa saja yang terpapar virus corona dan secara terpaksa harus isolasi mandiri di rumah karena tidak mendapatkan layanan di rumah sakit atau gejalanya ringan. Skema layanan ini, masyarakat yang dinyatakan terpapar Covid-19 oleh sistem pada laboratorium kesehatan yang terhubung dengan Kementerian Kesehatan, akan mendapatkan pemberitahuan baik melalui SMS atau pesan di aplikasi WhatsApp.

Dalam pesan singkat tersebut akan diberitahukan kode yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi telemedicine. Pasien isolasi mandiri dapat melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan dan mendapatkan obat untuk mempercepat proses penyembuhan. Seluruh layanan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Advertisement

Bahkan, pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri akan diantarkan obat gratis langsung ke rumah atau lokasi tempat isolasi mandiri. Dengan layanan ini, harapan pemerintah, pasien tetap mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah dan murah.

Pilihan Aplikasi Telemedicine

Setidaknya sudah ada 11 aplikasi telemedicine yang disediakan pemerintah untuk membantu pasien covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri. Berikut ini daftar aplikasi tersebut:

1. Aplikasi YesDok

Aplikasi ini bisa menghubungkan pasien dengan para dokter untuk melakukan berbagai konsultasi kesehatan. Dalam hal ini, pasien Covid-19 juga bisa mendapatkan rekomendasi obat untuk mempercepat proses pemulihan.

2. Aplikasi ProSehat

Aplikasi ini memberikan layanan konsultasi dengan dokter profesional selama 24 jam. Bukan hanya itu, melalui aplikasi ini Anda juga dapat membeli alat kesehatan, obat, vitamin, menggunakan layanan tes rapid, imunisasi, dan vaksinasi dengan mudah.

3. Aplikasi GetWell

Selanjutnya ada aplikasi GetWell yang kini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mendapatkan obat gratis untuk pasien isolasi mandiri Covid-19. Aplikasi ini juga akan menghubungkan Anda dengan dokter ahli yang siap memberikan layanan konsultasi. GetWell dapat diunduh melalui di PlayStore atau AppStore sesuai dengan jenis ponsel pintar yang Anda gunakan.

4. Aplikasi KlinikGo

Aplikasi ini bisa Anda gunakan juga untuk konsultasi dengan dokter profesional saat sedang isolasi mandiri. Aplikasi ini juga merupakan mitra dari Kementerian Kesehatan sehingga beberapa layanan dan fitur yang hadir juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya.

5. Aplikasi Milvik Dokter

Mungkin kurang familiar dengan aplikasi ini, tapi Milvik Dokter dapat Anda gunakan untuk konsultasi dengan doker ahli. Aplikasi ini juga untuk mencari rumah sakit, klinik, apotek, ataupun laboratorium terdekat.

6. Aplikasi HaloDoc

Aplikasi ini sudah popular di tengah masyarakat. Saat ini HaloDoc bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menyediakan layanan kesehatan termasuk sebagai cara mendapatkan obat Covid-19 gratis untuk masyarakat yang harus isolasi mandiri. Selain memberikan obat gratis, Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter melalui fitur pesan yang tersedia di aplikasi ini.

7. Aplikasi KlikDokter

Layanan telemedicine melalui KlikDokter juga bisa Anda manfaatkan untuk berkonsultasi dengan dokter profesional selama menjadi pasien Covid-19. Dalam aplikasi ini Anda akan mendapatkan beberapa informasi kesehatan termasuk berbagai artikel kesehatan.

8. Aplikasi Link Sehat

Link Sehat juga dapat menjadi aplikasi untuk berkonsultasi dengan dokter ahli seputar masalah kesehatan termasuk saat sedang menjalani isolasi mandiri. Dokter yang memberikan konsultasi dalam Link Sehat juga memberikan rekomendasi obat sesuai dengan keluhan anda.

9. Aplikasi Good Doctor

Aplikasi berikutnya yang bisa menjadi perantara cara mendapat obat covid gratis adalah Good Doctor. Telemedicine ini selain memberikan bantuan dalam bentuk rekomendasi obat dan memberikan layanan konsultasi dokter yang bisa diakses selama 24 jam.

10. Aplikasi SehatQ

SehatQ juga merupakan salah satu telemedicine yang bisa Anda saat sedang isolasi mandiri dan membutuhkan konsultasi dokter. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini sebagai cara mendapatkan obat gratis untuk masa pemulihan anda.

11. Aplikasi Alodokter

Alodokter juga memiliki layanan konsultasi gratis dari para dokter yang siap membantu pasien Covid-19 yang tidak dirawat di rumah sakti. Aplikasi ini akan juga memberikan layanan dukungan mental yang intensif kepada yang membutuhkan.

Cara Mendapatkan Obat Covid Melalui Layanan Telemedicine

Dilansir dari instagram @halodoc, salah satu telemedicine yang dapat menjadi perantara masyarakat untuk mendapatkan obat gratis selama isolasi mandiri. Menurut keterangan dari unggahan di akun instagram tersebut, cara mendapatkan obat covid gratis bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Halodoc.
  2. Klik link yang sudah dikirimkan melalui SMS atau WA.
  3. Pilih dokter.
  4. Masukan kode voucher yang Anda dapatkan dari pesan singkat tersebut.
  5. Informasikan pada dokter bahwa Anda adalah pasien program Kemenkes.
  6. Setelah itu, pasien Covid-19 akan mendapatkan resep vitamin atau obat yang bisa di tebus di apotek Kimia Farma.
  7. Selanjutnya, sebagai pasien Anda harus mengirimkan resep yang sudah anda dapatkan dari dokter di telemedicine beserta dengan KTP, dan alamat pengiriman melalui WhatsApp customer service Kimia Farma.
  8. Pihak Kimia Farma kemudian akan melakukan verifikasi dan mengirimkan obat tersebut ke alamat yang sudah Anda berikan.
  9. Jika ada obat atau vitamin yang kurang, Anda dapat menghubungi Kimia Farma di 1500-255

Sebagai tambahan informasi, berikut ini nomor CS dari Kimia Farma yang bisa anda hubungi:

  • Jakarta Timur: 08112223049
  • Jakarta Utara: 08112221832
  • Jakarta Pusat: 087877241590
  • Jakarta Selatan: 0895324874355
  • Jakarta Barat: 087877241405

Editor: Sorta Tobing

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait