3 Rekomendasi Film Horor Terbaik yang Menang Banyak Penghargaan

Image title
12 Juli 2021, 18:57
Rekomendasi Film Horor Terbaik yang Menang Banyak Penghargaan
instagram/jokoanwar
Ilustrasi film Pengabdi Setan

Dalam kehidupan sehari hari, banyak orang yang mengalami kejadian supranatural yang tidak dapat dijelaskan oleh ilmu rasional. Pengalaman tersebut dapat berupa kejadian melihat penampakan, diganggu oleh makhluk halus, atau menyaksikan monster yang tidak berbentuk seperti manusia. Kejadian-kejadian tersebut sudah pasti menakutkan orang yang mengalaminya.

Ketakutan tersebut yang menjadi inspirasi dari film horor. Sebuah studi oleh David Innes yang diterbitkan dalam Journal of Media Psychology menemukan, orang menonton film horor karena tiga alasan utama, yaitu ketegangan, relevansi, dan imajinasi.

Bagi sebagian orang, menonton film horor bisa menjadi pengalaman penuh ketegangan karena misteri dan kejutannya. Ada pula karena relevansinya alias menemukan unsur-unsur dalam film yang pernah mereka alami. 

Apapun alasannya, film horor memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Bagi penggemar film horor, berikut ini adalah rekomendasi film yang dapat ditonton secara daring atau online.

1. Pengabdi Setan

Film horor karya sutradara ternama, Joko Anwar, ini  dirilis pada 2017. Bercerita tentang sebuah keluarga, Mawarni, Rini, ayahnya, neneknya, dan tiga saudara laki-lakinya, yang selama tiga tahun terakhir menyaksikan kesehatan ibu mereka terus menurun. Mawarni hanya terbaring di tempat tidur dan menggoyangkan loncengnya jika membutuhkan bantuan.

Mawarni adalah seorang mantan penyanyi uang hasil royaltinya telah habis. Setelah meninggal, suaminya pergi untuk mencari uang dengan cepat. Rini sebagai anak tertua kini bertanggung jawab sendiri untuk merawat keluarganya.

Tidak lama setelah ayah mereka pergi, Rini dan adik-adiknya mengalami kejadian menakutkan serta dikunjungi oleh segala macam makhluk yang menyeramkan. Seluruh kejadian tersebut membawa Rini dan keluarganya menuju fakta kelam yang berasal dari masa lalu ibu dan ayah mereka.

Dengan performa para aktor dan aktris yang luar biasa, serta penggunaan efek visual yang mampu membuat bulu kuduk merinding, Pengabdi Setan merupakan film yang harus ditonton para pecinta film horor. Total penghargaan yang diraih Pengabdi Setan adalah 11 penghargaan. Pada 2017, Pengabdi Setan memenangkan tujuh Piala Citra dalam Festival Film Indonesia, termasuk Best Theme Song untuk lagu “Kelam Malam”.

Selain itu, Pengabdi Setan merupakan film dengan jumlah penonton terbanyak pada tahun tersebut. Filim ini dapat ditonton gratis di platform Viu.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement