Vitamin Untuk Pasien Covid-19 dan Cara Menjaga Imunitas Tubuh

Ada beberapa jenis vitamin untuk pasien Covid-19 agar dapat cepat meningkatkan imunitas tubuhnya.
Image title
15 Juli 2021, 12:25
Vitamin Untuk Covid dan Cara Menjaga Imun Tubuh Saat Pandemi
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.
Strawberry, salah satu sumber vitamin C alami

Vitamin untuk pasien Covid-19 menjadi hal yang paling banyak dicari, khususnya bagi  yang sedang menjalankan isolasi mandiri alias isoman. Konsumsi vitamin menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu, proses penyembuhan pun menjadi lebih cepat. 

Setiap vitamin memiliki fungsi berbeda-beda. Apa saja jenisnya? Dan apakah ada cara lain untuk meningkatkan imunitas? Berikut penjelasannya.

Vitamin Untuk Penderita Covid Gejala Ringan dan Tanpa Gejala

Bagi pasien Covid 19 yang sedang menjalankan isolasi mandiri dengan gejala ringan, ada beberapa multivitamin yang bisa dikonsumsi, seperti;

1. Vitamin C

Konsumsi vitamin ini tidak boleh sembarangan. Ada beberapa aturan yang harus ditaati terutama dalam hal dosis. Bagi pasien isolasi mandiri dengan gejala ringan, bisa mengkonsumsi beberapa pilihan vitamin C berikut ini;

Advertisement
  • Tablet vitamin C non-acidic 500 miligram (mg) per enam hingga delapan jam, yang bisa dikonsumsi untuk 14 hari.
  • Tablet isap vitamin C 500mg per 12 jam, yang dikonsumsi selama 30 hari.
  • Multivitamin dengan kandungan vitamin C satu hingga dua tablet per 24 jam, dikonsumsi selama 30 hari.
  • Pasien Covid-19 dengan gejala ringan juga dianjurkan untuk mengonsumsi jenis vitamin B, E, dan Zink

2. Vitamin D

Selain vitamin C, vitamin untuk pasien Covid 19 lainnyaadalah vitamin D. Ada dua jenis vitamin D yang bisa dikonsumsi seperti;

  • Suplemen 400 IU – 1 ribu IU per hari. Suplemen ini tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari tablet, kapsul, tablet effervescent, tablet hisap, kapsul lunak, serbuk, dan sirup.
  • Obat, 1 ribu sampai 5 ribu IU per hari yang tersedia dalam bentuk tablet untuk 1 ribu IU serta tablet kunyah untuk kandungan 5 ribu IU.

Vitamin Untuk Mencegah Covid

Multivitamin juga dibutuhkan sebagai bentuk pencegahan agar tidak terinfeksi virus berbahaya ini. Ada beberapa jenis vitamin yang bisa dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan.

Vitamin pencegahan ini sifatnya untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat. Beberapa makanan dari jenis buah dan sayur memiliki kandungan vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi. Berikut daftar vitamin untuk mencegah covid 19.

1. Vitamin D

Vitamin D dapat pula berasal dari makanan, seperti kuning telur, ikan, dan susu sapi.

2. Vitamin C

Vitamin menjadi vitamin yang paling banyak dikonsumsi selama pandemi. Beberapa buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C, yaitu paprika, brokoli, cabai, lemon, strawberry, jeruk, kiwi, dan pepaya.

3. Vitamin E

Bukan hanya baik untuk kesehatan kulit, vitamin yang satu ini juga bisa menjadi vitamin untuk mencegah Covid-19. Sayuran seperti kacang-kacangan dipercaya mengandung vitamin E yang baik untuk menjaga imun tubuh.

4. Vitamin B6

Vitamin ini bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti ikan, hati sapi, dan kentang. Konsumsi vitamin ini secara rutin tidak hanya meningkatkan imun tubuh tapi juga menghindari tubuh dari bahaya penyakit lain, seperti penyakit jantung dan depresi.

5. Zinc

Zinc adalah mineral yang baik untuk daya tahan tubuh. Meskipun kebutuhannya tidak terlalu banyak, namun cukup berpengaruh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa makanan yang mengandung zinc, seperti; loster, kepiting, udang, dan ikan laut.

Cara Menjaga Imun Tubuh Saat Pandemi Covid-19

Selain rutin mengonsumsi vitamin, ada cara lain yang tak kalah penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit saat pandemi. Berikut cara menjaga daya tahan tubuh saat pandemi;

  1. Olahraga.
  2. Istirahat yang cukup.
  3. Mengkonsumsi makanan bergizi.
  4. Hindari rokok.
  5. Melakukan pola hidup bersih dan sehat.
  6. Berjemur dibawah sinar matahari pagi.
  7. Menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker lapis dua, sering mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan orang lain jika sedang ada di tempat umum.

Editor: Sorta Tobing

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait