Vitamin Untuk Pasien Covid-19 dan Cara Menjaga Imunitas Tubuh

Siti Nur Aeni
15 Juli 2021, 12:25
Vitamin Untuk Covid dan Cara Menjaga Imun Tubuh Saat Pandemi
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.
Strawberry, salah satu sumber vitamin C alami

Vitamin untuk pasien Covid-19 menjadi hal yang paling banyak dicari, khususnya bagi  yang sedang menjalankan isolasi mandiri alias isoman. Konsumsi vitamin menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu, proses penyembuhan pun menjadi lebih cepat. 

Setiap vitamin memiliki fungsi berbeda-beda. Apa saja jenisnya? Dan apakah ada cara lain untuk meningkatkan imunitas? Berikut penjelasannya.

Vitamin Untuk Penderita Covid Gejala Ringan dan Tanpa Gejala

Bagi pasien Covid 19 yang sedang menjalankan isolasi mandiri dengan gejala ringan, ada beberapa multivitamin yang bisa dikonsumsi, seperti;

1. Vitamin C

Konsumsi vitamin ini tidak boleh sembarangan. Ada beberapa aturan yang harus ditaati terutama dalam hal dosis. Bagi pasien isolasi mandiri dengan gejala ringan, bisa mengkonsumsi beberapa pilihan vitamin C berikut ini;

  • Tablet vitamin C non-acidic 500 miligram (mg) per enam hingga delapan jam, yang bisa dikonsumsi untuk 14 hari.
  • Tablet isap vitamin C 500mg per 12 jam, yang dikonsumsi selama 30 hari.
  • Multivitamin dengan kandungan vitamin C satu hingga dua tablet per 24 jam, dikonsumsi selama 30 hari.
  • Pasien Covid-19 dengan gejala ringan juga dianjurkan untuk mengonsumsi jenis vitamin B, E, dan Zink

2. Vitamin D

Selain vitamin C, vitamin untuk pasien Covid 19 lainnyaadalah vitamin D. Ada dua jenis vitamin D yang bisa dikonsumsi seperti;

  • Suplemen 400 IU – 1 ribu IU per hari. Suplemen ini tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari tablet, kapsul, tablet effervescent, tablet hisap, kapsul lunak, serbuk, dan sirup.
  • Obat, 1 ribu sampai 5 ribu IU per hari yang tersedia dalam bentuk tablet untuk 1 ribu IU serta tablet kunyah untuk kandungan 5 ribu IU.

Vitamin Untuk Mencegah Covid

Multivitamin juga dibutuhkan sebagai bentuk pencegahan agar tidak terinfeksi virus berbahaya ini. Ada beberapa jenis vitamin yang bisa dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan.

Vitamin pencegahan ini sifatnya untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat. Beberapa makanan dari jenis buah dan sayur memiliki kandungan vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi. Berikut daftar vitamin untuk mencegah covid 19.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...