7 Tempat Wisata Surabaya Terpopuler untuk Akhir Pekan

Image title
23 Agustus 2021, 16:29
Jembatan Suramadu merupakan salah satu wisata Surabaya yang populer
kppip.go.id
Jembatan Suramadu sebagai jembatan penghubung antara Surabaya dan Madura merupakan salah satu wisata di kota Surabaya, Jawa Timur yang populer.

Surabaya adalah ibukota Jawa Timur dan juga merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Jumlah penduduknya mencapai 2.874.314 jiwa pada 2020, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Kota ini berkembang dengan keragaman masyarakat, budaya, kebiasaan dan gaya hidup. Saat ini,  Surabaya telah menjadi pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan timur Indonesia.

Advertisement

Melihat latar belakang sejarah yang dirilis dalam sebuah artikel oleh Pemerintah Kota Surabaya, kata Surabaya diambil dari legenda urban ‘Suro’ atau hiu dan ‘Boyo’ atau buaya. Kedua hewan tersebut melambangkan tentara Mongol yang datang dari laut digambarkan sebagai ikan Suro (hiu/berani) dan pasukan Raden Wijaya yang datang dari darat digambarkan sebagai Boyo (buaya/bahaya). Surabaya secara harfiah berarti keberanian untuk menghadapi datangnya bahaya yang mengancam.

Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan ekonomi di Jawa Timur dan sekitarnya. Sebagian besar penduduknya bergerak di bidang jasa, industri dan perdagangan. Banyak perusahaan besar yang berkantor pusat di Surabaya.

Selain sebagai pusat ekonomi, Surabaya juga memiliki sejumlah destinasi wisata dalam kota yang berkaitan dengan situs sejarah atau budaya. Berikut ini adalah tempat wisata Surabaya yang dapat Anda kunjungi.

1. House of Sampoerna

 House of Sampoerna
House of Sampoerna (Imam Taufik Suryane/houseofsampoerna.museum)

Dibuka untuk umum sejak 9 Oktober 2003, House of Sampoerna (HoS) adalah kompleks bangunan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1862 dan terletak di kawasan Taman Sampoerna 6, Surabaya.

Kompleks ini awalnya adalah panti asuhan untuk anak laki-laki yang dikelola oleh Belanda. Kemudian pada tahun 1932, kompleks tersebut dibeli oleh Liem Seeng Tee dan direstorasi menjadi fasilitas produksi pertama Sampoerna.

Kompleks House of Sampoerna terdiri dari auditorium pusat yang besar, dua bangunan kecil di sayap Timur dan Barat. Bangunan luar ini digunakan untuk pengolahan tembakau dan cengkeh mulai dari blending, rolling, packing, printing hingga menjadi barang jadi.

Pada 2002, auditorium pusat dan dua bangunan kecil di sayap Timur dan Barat direnovasi dan saat ini berfungsi sebagai museum, The Café and Gift Shop dan ruang pameran Galeri Paviliun serta The Residence.

2. Jembatan Suramadu

ARUS MUDIK DI JEMBATAN SURAMADU
ARUS MUDIK DI JEMBATAN SURAMADU (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww.)

Jembatan Suramadu termasuk dalam kategori jembatan nasional dan membentang sepanjang 5,4 kilometer. Bentuknya terlihat sangat indah pada malam hari dengan langit yang gelap dan tampilan lampu yang berwarna-warni.

Jembatan ini menghubungkan Surabaya dan Madura serta merupakan jembatan Indonesia pertama yang melintasi Selat Madura. Jalan penghubung ini pertama kali diresmikan pada 2009.

3. Museum Sepuluh November dan Monumen Tugu Pahlawan

Foto Udara Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur
Foto Udara Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

Museum Sepuluh November merupakan museum yang didirikan untuk mengenang keberanian masyarakat Surabaya dalam pertempuran 10 November 1945 dan terletak di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya.

Museum ini dibangun pada 10 November 1991 dan diresmikan oleh KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 19 Februari 2000. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya merupakan pemilik resmi museum. Pengelolanya adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember.

Bangunan Museum Sepuluh November berada di sebelah Monumen Tugu Pahlawan yang telah ada jauh sebelum bangunan museum didirikan. Bangunan museum didesain di bawah tanah, sehingga hanya atapnya saja yang terlihat agar tidak mengganggu pemandangan Tugu Pahlawan.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement