8 Aplikasi Desain Rumah untuk Wujudkan Rumah Impian

Rancang rumah idaman menggunakan aplikasi desain rumah yang mudah dan menarik.
Image title
26 Agustus 2021, 14:14
Ilustrasi desain rumah yang dapat diwujudkan menggunakan aplikasi desain rumah.
Jason Boyd/Pexels
Ilustrasi desain rumah yang dapat diwujudkan menggunakan aplikasi desain rumah.

Mungkin Anda baru saja pindah ke rumah baru dan berencana untuk memulai beberapa proyek renovasi. Anda ingin mengubah rumah lama agar lebih indah dan nyaman dihuni. Terlepas dari proyek yang sedang dikerjakan, Anda pasti ingin mengomunikasikan ide-ide tersebut dengan semua orang yang terlibat seakurat mungkin.

Biasanya, arsitek dan desainer interior membantu Anda dalam hal desain. Tetapi bisa jadi Anda sulit untuk menjelaskan keinginan atau ingin menghemat biaya sehingga memilih cara lain, yaitu menggunakan aplikasi desain rumah.

Aplikasi desain rumah adalah alternatif yang murah dan menyenangkan untuk menyempurnakan ide Anda secara visual. Anda dapat membuat visi yang realistis dari proyek desain rumah Anda.

Fitur dalam aplikasi desain rumah dapat Anda gunakan untuk membangun denah lantai, mengatur pewarnaan dinding, dan menambahkan furnitur dan fitur desain lainnya. Simak pilihan aplikasi desain rumah berikut ini.

1. SketchUp

SketchUp adalah aplikasi desain 3D gratis yang komprehensif. Aplikasi ini dapat digunakan untuk desain rumah secara detail dan membuatnya tampak lebih nyata. Fitur SketchUp cukup fleksibel sehingga membuat pengguna mudah mengoperasikan.

Versi gratisnya sangat cocok untuk pemula dalam bidang desain. Sedangkan versi pro lebih cocok untuk para profesional di bidang arsitektur, konstruksi, teknik, dan desain interior komersial.

2. Floorplanner

Floorplanner memungkinkan Anda untuk mendesain dan mendekorasi ruangan dalam 2D dan 3D secara online dan tanpa harus mengunduh perangkat lunak apa pun. Meskipun fungsi dekorasi interiornya merupakan fitur unggulan, fitur utama aplikasi ini terletak pada fungsi pembuat denah lantai.

Setelah denah lantai selesai dibuat, Anda dapat beralih ke tampilan dan mendekorasi ruang dalam mode 3D. Floorplanner mudah digunakan dan dipahami. Jadi, jika Anda mencari sesuatu yang mudah dan cepat digunakan, Floorplanner merupakan pilihan yang baik.

3. RoomSketcher

RoomSketcher memiliki petunjuk yang mudah dipahami. Anda dapat dengan cepat membuat gambar dan menggunakan aplikasi di berbagai perangkat karena proyek desain rumah RoomSketcher disimpan secara online.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi saat offline. Pengguna dapat membuat denah lantai, mendesain ruangan, dan melihat kreasi desain rumah dalam tampilan 3D, 2D, dan 360. RoomSketcher juga memiliki database yang luas. Bahkan, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat lantai dua dengan “mengkloning" lantai pertama.

4. SmartDraw

SmartDraw cukup mudah untuk dipelajari dan memiliki fitur untuk membuat desain yang rumit bagi desainer yang lebih mahir. Aplikasi desain rumah ini dilengkapi dengan pilihan furnitur, mobil, bahan bangunan.

Anda tak perlu pusing karena aplikasi ini terdapat ribuan templat dan contoh denah lantai yang dapat Anda gunakan. Fitur lainnya adalah beragam desain dan tata letak yang tak terbatas untuk ruang baru Anda.

5. Homestyler

Aplikasi desain rumah Homestyler memiliki fitur untuk melihat desain rumah secara realistis dan memungkinkan Anda membuat denah rumah dengan cepat dan mudah. Anda dapat mengambil foto ruang fisik yang sebenarnya dan kemudian menambahkan model 3D furnitur asli untuk mendesain ruangan Anda.

Homestyler memiliki fitur untuk membangun denah lantai, lantai dua, dan bahkan kolam renang. Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Setelah Anda mengunduh aplikasi dan mendaftar, cukup pilih dan klik item furnitur yang ingin Anda gunakan untuk mendekorasi kamar Anda.

6.  Lands Design

Lands Design merupakan aplikasi desain rumah yang konseptual, rinci, dan realistis untuk merancang lanskap secara profesional. Aplikasi desain rumah ini memungkinkan Anda untuk mengubah tata letak 2D menjadi desain 3D untuk visualisasi yang jelas.

Fitur Lands Design dapat Anda gunakan untuk menambahkan foto tanaman, dimensi, dan sebagainya. Terdapat database yang luas dalam 2D ​​dan 3D sehingga Anda tidak akan kekurangan inspirasi.

Lands Design memiliki lebih dari 1.800 spesies tanaman untuk taman impian Anda. Terdapat pula fitur elemen seperti irigasi dan hardscapes. Aplikasi ini mendukung platform lain sehingga Anda dapat mengimpor atau mengekspor dengan mudah.

7. Planner 5D

Planner 5D adalah alat desain rumah yang sangat imersif. Anda dapat menjelajahi desain secara realistis seolah Anda berada dalam rumah tersebut. Dengan Planner 5D, Anda dapat memulai dari awal atau menggunakan template untuk menyusun denah lantai secara cepat jika Anda tidak punya waktu atau tidak ingin membuat desain yang rumit.

Planner 5D mudah digunakan. Cukup mulai dengan menyesuaikan bentuk lantai, ukuran, bahan dan warna. Kemudian tambahkan furnitur dan aksesori, beralih ke 3D dan tambahkan jendela dan pintu. Anda dapat menambahkan lantai dua jika Anda mau.  Semua aspek desain dapat diubah dalam hal warna dan tekstur. Ketika Anda siap untuk membagikan desain rumah Anda, Planner 5D dapat mencetak foto dengan format realistis.

8. HomeByMe

HomeByMe adalah aplikasi desain rumah yang benar-benar gratis. Semua fitur-fiturnya mudah digunakan. Cara kerja aplikasi desain rumah ini adalah pihak produsen bahan bangunan dan furnitur menambahkan produk mereka ke katalog HomeByMe. Kemudian Anda dapat melengkapi dan mendekorasi rumah Anda menggunakan produk tersebut.

Keuntungannya adalah Anda dapat merencanakan desain Anda hingga akhir dan memiliki akses ke furnitur dan dekorasi aktual yang Anda gunakan untuk desain rumah. Planner 5D juga memiliki fitur untuk beralih dari 2D ke 3D setelah menyelesaikan denah lantai dan mendesain tampilan dan nuansa setiap ruangan. Atau, Anda bisa mulai dengan dekorasi dan tekan 'ringkasan' kemudian Planner 5D akan menghasilkan denah lantai dengan semua perabotan dan peralatan Anda di tempat yang tepat.

Itulah rekomendasi aplikasi desain rumah yang dapat Anda gunakan untuk membangun rumah impian Anda dengan mudah dan menarik.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait