8 Aplikasi Desain Rumah untuk Wujudkan Rumah Impian

Image title
26 Agustus 2021, 14:14
Ilustrasi desain rumah yang dapat diwujudkan menggunakan aplikasi desain rumah.
Jason Boyd/Pexels
Ilustrasi desain rumah yang dapat diwujudkan menggunakan aplikasi desain rumah.

Mungkin Anda baru saja pindah ke rumah baru dan berencana untuk memulai beberapa proyek renovasi. Anda ingin mengubah rumah lama agar lebih indah dan nyaman dihuni. Terlepas dari proyek yang sedang dikerjakan, Anda pasti ingin mengomunikasikan ide-ide tersebut dengan semua orang yang terlibat seakurat mungkin.

Biasanya, arsitek dan desainer interior membantu Anda dalam hal desain. Tetapi bisa jadi Anda sulit untuk menjelaskan keinginan atau ingin menghemat biaya sehingga memilih cara lain, yaitu menggunakan aplikasi desain rumah.

Aplikasi desain rumah adalah alternatif yang murah dan menyenangkan untuk menyempurnakan ide Anda secara visual. Anda dapat membuat visi yang realistis dari proyek desain rumah Anda.

Fitur dalam aplikasi desain rumah dapat Anda gunakan untuk membangun denah lantai, mengatur pewarnaan dinding, dan menambahkan furnitur dan fitur desain lainnya. Simak pilihan aplikasi desain rumah berikut ini.

1. SketchUp

SketchUp adalah aplikasi desain 3D gratis yang komprehensif. Aplikasi ini dapat digunakan untuk desain rumah secara detail dan membuatnya tampak lebih nyata. Fitur SketchUp cukup fleksibel sehingga membuat pengguna mudah mengoperasikan.

Versi gratisnya sangat cocok untuk pemula dalam bidang desain. Sedangkan versi pro lebih cocok untuk para profesional di bidang arsitektur, konstruksi, teknik, dan desain interior komersial.

2. Floorplanner

Floorplanner memungkinkan Anda untuk mendesain dan mendekorasi ruangan dalam 2D dan 3D secara online dan tanpa harus mengunduh perangkat lunak apa pun. Meskipun fungsi dekorasi interiornya merupakan fitur unggulan, fitur utama aplikasi ini terletak pada fungsi pembuat denah lantai.

Setelah denah lantai selesai dibuat, Anda dapat beralih ke tampilan dan mendekorasi ruang dalam mode 3D. Floorplanner mudah digunakan dan dipahami. Jadi, jika Anda mencari sesuatu yang mudah dan cepat digunakan, Floorplanner merupakan pilihan yang baik.

3. RoomSketcher

RoomSketcher memiliki petunjuk yang mudah dipahami. Anda dapat dengan cepat membuat gambar dan menggunakan aplikasi di berbagai perangkat karena proyek desain rumah RoomSketcher disimpan secara online.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi saat offline. Pengguna dapat membuat denah lantai, mendesain ruangan, dan melihat kreasi desain rumah dalam tampilan 3D, 2D, dan 360. RoomSketcher juga memiliki database yang luas. Bahkan, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat lantai dua dengan “mengkloning" lantai pertama.

4. SmartDraw

SmartDraw cukup mudah untuk dipelajari dan memiliki fitur untuk membuat desain yang rumit bagi desainer yang lebih mahir. Aplikasi desain rumah ini dilengkapi dengan pilihan furnitur, mobil, bahan bangunan.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...