23 Film Netflix Terbaik 2020, Bisa Jadi Tontonan Akhir Pekan

Hingga akhir 2020, Netflix mencatat lebih dari 203 juta pelanggan. Berikut film Netflix terbaik 2020 dari berbagai genre yang bisa menjadi referensi tontonan Anda.
Image title
6 September 2021, 14:03
Film Netflix Terbaik 2020, To All the Boys: P.S. I Still Love You, Film Netflix 2020
Netflix
Ilustrasi film To All the Boys: P.S. I Still Love You (2020) di Netflix.

Pandemi Covid-19 yang membunuh bisnis bioskop menjadi ladang besar bagi Netflix untuk mengambil alih perhatian para pecinta film. Platform streaming digital ini menyajikan segudang film-film menarik untuk ditonton.

Pada akhir tahun 2020, tercatat lebih dari 203 juta orang berlangganan Netflix. Pelanggannya menghabiskan waktu sebanyak 3,2 jam per hari untuk menonton berbagai konten di sana. Baik dokumenter, film aksi, thriller psikologis hingga drama komedi romantis remaja.

Katadata.co.id  mengumpulkan film Netflix terbaik 2020 dari berbagai genre, yang bisa menjadi referensi tontonan di waktu luang. Berikut daftarnya:

1. American Murder: The Family Next Door

American Murder: The Family Next Door adalah film dokumenter kejahatan nyata yang disutradarai oleh Jenny Popplewell. Film ini bercerita tentang pembunuhan keluarga Watts 2018, yang terjadi di Frederick, Colorado, Amerika Serikat.

Filmnya dibuat berdasarkan rekaman arsip termasuk unggahan di media sosial, rekaman penegakan hukum, pesan teks dan rekaman video rumah untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi.

3. Enola Holmes

Millie Bobby Brown memproduksi dan membintangi adaptasi Netflix dari seri buku Nancy Springer, berjudul Enola Holmes. Film ini juga dibintangi Henry Cavill, Helena Bonham Carter, dan Sam Claflin dengan mengangkat cerita kesialan adik perempuan Sherlock Holmes yang cerdas, Enola, saat dia datang sendiri sebagai detektif pemula. Kisahnya adalah sentuhan topik feminis yang cerdas pada cerita klasik, dikemas dengan kesenangan dan ketegangan.

4. The Devil All the Time

Drama periode Gothic baru Netflix, The Devil All The Time, didasarkan pada novel dengan judul  yang sama oleh Donald Ray Pollock. Filmya berkisah tentang agama dan penyalahgunaan kekuasaan. Para aktor yang membintanginya adalah Tom Holland, Bill Skarsgård, dan Robert Pattinson.

5. I'm Thinking of Ending Things

Film ini diadaptasi dari buku karya Iain Reid dengan judul yang sama. I'm Thinking of Ending Things bergenre fantasi horor. Kisahnya bermula dari seorang wanita bernama Cindy yang pulang ke rumah bersama kekasihnya, Jake, untuk bertemu keluarganya. 

Meski memiliki niatan untuk menyudahi hubungan tersebut, Cindy tetap mengikuti Jake ke rumah orang tuanya. Setelah melewati badai salju, Cindy akhirnya bertemu orang tua Jake, Dean (David Thewlis) dan Suzie (Toni Collete). Pertemuan Cindy dengan keluarga Jake cukup canggung.

Keadaan juga semakin terasa aneh dan membingungkan bagi Cindy. Hal itu membuatnya mempertanyakan segala hal yang dia ketahui selama ini. Tentang kekasihnya, dirinya sendiri, bahkan tentang dunia.

6. Crip Cramp

Film ini berlatar belakang 1971 dan menampilkan kegiatan di Camp Jened. Acara kemah musim panas di New York, AS,  ini yang diselenggarakan khusus untuk para penyandang disabilitas.

Ada sederet acara spesial yang diselenggaran dalam perkemahan itu. Meski memiliki keterbatasan fisik, para anggota Crip Camp sangat bahagia saat berkumpul bersama. Film ini dirilis di Sundance Film Festival 2020.

7. To All The Boys: P.S. I Still Love You

To All The Boys: P.S. I Still Love You merupakan sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before yang tayang pada 2018. Film ini menceritakan kehidupan berpacaran antara Lara Jean (Lana Condor) dan Peter (Noah Centineo). Dalam menjalani hubungan, Lara Jean tidak merasa percaya diri. Pasalnya Peter adalah cowok populer. Dalam masa-masa seperti ini, Lara bertemu dengan Ambrose, salah satu pria yang pernah menerima surat cinta Lara Jean.

8. The Half of It

Film yang berkisah tentang Ellie Chu ini sudah tayang sejak Mei 2020. Ellie adalah seorang siswi yang cerdas namun tidak memiliki teman. Dia sering mengerjakan tugas esai teman-temannya. Suatu ketika, dia dimintai tolong oleh Paul Munsky untuk menuliskan surat cinta pada gadis yang dia taksir, Aster Flores. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Tonton selengkapnya di Netflix.

9. Alive

Alive bercerita tentang seorang pria yang terkunci di dalam apartemen disaat zombie mengerikan sedang mengamuk di kotanya. Pria ini berusaha keras untuk menemukan jalan keluar. Apakah akan berhasil? Film yang diperankan oleh Yoo Ah In dan Park Shin Hye ini sudah bisa kamu tonton di Netflix sejak 8 September 2020. 

10. All the Bright Places

Film yang dibintangi Elle Fanning dan Justice Smith ini bernuansa drama romansa remaja. Sejak tayang 28 Februari 2020, film ini mendapatkan respon yang baik. All The Bright Places bercerita tentang Violet, seorang gadis yang mengalami depresi sejak ditinggal mati oleh saudaranya. Dia menjadi pendiam dan sangat tertutup. Namun, semua berubah sejak Theodore Finch hadir dalam hidupnya. Hubungan mereka perlahan-lahan berubah ke arah yang lebih serius.

11. Extraction

Penggemar aktor Chris Hemsworth wajib menonton film Netflix ini. Rilis perdananya pada April 2020. Disutradarai oleh Sam Hargrave, film ini bercerita tentang seorang tentara bayaran yang dikirim untuk menyelamatkan anak laki-laki dari gembong narkoba terbesar India yang diculik.

Namun dalam menjalankan misi penyelamatan itu, Tyler Rake (Chris Hemsworth) harus menghadapi banyak macam tantangan mematikan di depannya. Bagaimana kelanjutan film aksi ini? 

12. Becoming 

Perjalanan mantan ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama yang setia menemani sang suami, Barrack Obama selama menjabat sebagai Presiden, tertuang dalam film dokumenter Becoming. Film Netflix ini disutradarai oleh Nadia Hallgren dan rilis perdana pada 6 Mei 2020 lalu dengan durasi 1 jam 29 menit. 

13. Miss Americana

Penyanyi pop Taylor Swift mengungkapkan detail kehidupan pribadinya di balik layar panggung dalam film dokumenter berjudul Miss Americana, rilis perdana 31 Januari 2020 di AS.

Salah satu film Netflix terbaik 2020 ini  bercerita tentang perjalanan karier dan kehidupan penyanyi kondang Taylor Swift. Termasuk di dalamnya fase-fase terendah dalam hidupnya.

Beberapa orang terdekat Taylor Swift seperti ibu dan kekasihnya, ikut berperan dalam film yang mendapatkan penilaian 7,4 dari IMDb ini.

 

14. The Kissing Booth 2

Seperti To All The Boys I've Loved Before, film The Kissing Booth 2 juga merupakan film Netflix terbaik tentang kisah cinta anak remaja. Filmnya adalah sekuel lanjutan dari film pertamanya berjudul sama.

Kisahnya tentang Elle yang sudah berpacaran dengan Noah, kakak kandung dari Lee, sahabat masa kecil Elle. Meski awalnya tidak terima, Lee akhirnya menerima posisi Elle. Namun, keduanya justru menghadapi banyak masalah baru sebagai anak remaja.

15. The Last Thing He Wanted

Aktris Anne Hathaway menjadi tokoh utama dalam film Netflix terbaik 2020 yang satu ini, The Last Thing He Wanted. Film ini diadaptasi dari novel karangan Joan Didion dengan mengambil latar belakang cerita seputar political thriller.

The Last Thing He Wanted mengangkat cerita tentang seorang jurnalis yang berusaha menghentikan liputan khusus mengenai Pemilu Amerika Serikat pada 1984, demi merawat sang ayah yang jatuh sakit. Ia lalu melanjutkan pekerjaan sang ayah sebagai penjual senjata api di Amerika Tengah. Tapi siapa sangka, dari pekerjaan itu ia mengetahui skandal politik Iran-Contra yang ingin ia bongkar.

16. The Old Guard

The Old Guard, film eksklusif Netflix terbaik 2020 mengambil kisah tentang Andy (diperankan oleh Charlize Theron) dan para tentara bayarannya yang hidup berabad-abad lamanya. Selama ini, misi yang mereka selalu berhasil. Namun suatu ketika, misi mereka berujung pada kegagalan lantaran hadirnya seorang pengkhianat di antara mereka. Siapakah dia?

17. A Secret Love

Film dokumenter menyentuh ini berkisah tentang dua wanita yang sedang jatuh cinta. Pat Henschel dan pemain bisbol pro Terry Donahue membentuk hubungan selama tujuh dekade dan mereka menyembunyikan cintanya dari orang-orang di sekitar. Melihat semua nuansa prasangka dan kesulitan yang berbeda, keduanya membuktikan bahwa cinta berjalan lebih dalam daripada kebencian.

18. Lost Girls

Ketika putrinya yang sudah dewasa Shannan hilang di Long Island, AS, Mari Gilbert beralih ke penegak hukum untuk meminta bantuan. Setelah mengetahui Shannan bekerja sebagai pelacur pada malam dia menghilang, polisi kehilangan minat.

Kegigihan Gilbert untuk terus mencari membawa polisi ke mayat beberapa gadis pekerja yang hilang di sekitar daerah tersebut. Berdasarkan buku karya Robert Kolker, yang mengikuti keluarga dan teman-teman dari korban nyata dari pembunuhan berantai Long Island, Lost Girls menunjukkan perjuangan seorang ibu untuk mendapatkan keadilan bagi putrinya.

19. Dick Johnson Is Dead

Dick Johnson Is Dead adalah film dokumenter Amerika 2020 yang disutradarai oleh Kirsten Johnson dan ditulis bersama oleh Johnson dan Nels Bangerter. Cerita ini berkisah tentangayah Johnson, Richard, yang menderita demensia. Film ini ditayangkan perdana di Sundance Film Festival 2020 dan memenangkan Penghargaan Juri Khusus untuk Inovasi dalam Bercerita Non-fiksi. 

20. Athlete A

Film yang satu ini mengungkapkan seluk-beluk dunia olahraga, khususnya di cabang senam. Film dokumenter ini mengikuti tim jurnalis investigasi dari The Indianapolis Star saat mereka membongkar perbuatan Dokter Larry Nassar yang melakukan pelecehan seksual terhadap pesenam wanita muda. 

Athelet A dirilis pada 24 Juni 2020, oleh Netflix. ‎Judulnya mengacu pada pesenam Maggie Nichols yang disebut sebagai "Atlet A" untuk melindungi identitasnya.‎

21. Ma Rainey's Black Bottom

Ma Rainey tercatat sebagai musisi Afrika-Amerika pertama yang berhasil mendulang kesuksesan sebagai penyanyi blues profesional pada tahun 1920-an. Namun, dalam perjalanan kariernya hingga menjadi Mother of Blues, banyak rintangan yang harus dihadapi Ma Rainey.

Dalam film ini, kisah Ma Rainey (Viola Davis) diawali dengan konflik yang terjadi di sebuah studio rekaman di Chicago. Dibintangi Chadwick Boseman, aktor pemeran Black Panther, film ini menjadi persembahan terakhirnya sebelum meninggal dunia pada Agustus 2020.

22. The Forty-Year-Old Version

Radha adalah penulis drama yang kurang beruntung dan putus asa untuk membuat sebuah gebrakan sebelum usianya menginjak 40 tahun. Dirinya merasa hidup kembali ketika menjadi seorang rapper dengan menggunakan nama RadhaMUSPrime, dia bimbang memilih antara dunia hip hop atau teater untuk menemukan kata hatinya.

The Forty-Year-Old Version adalah panggung pembuktian diri seorang Radha Blank. Ia menjadi penulis naskah, sutradara, produser, dan pemeran utamanya. Dari judulnya kita sudah bisa memastikan apa yang ingin ditampilkan dalam film ini, yaitu keresahan hati seorang seniman yang belum menemukan gebrakan ketika usianya hampir menginjak paruh baya.

23. The Trial of the Chicago 7

The Trial of the Chicago 7 adalah film drama hukum sejarah yang ditulis dan disutradarai oleh Aaron Sorkin. Film ini mengangkat kisah Chicago Seven, sekelompok pengunjuk rasa anti-Perang Vietnam yang dituduh berkonspirasi dan melintasi batas negara dengan maksud menghasut kerusuhan di Konvensi Nasional Demokrat 1968 di Chicago.

Film ini dibintangi Yahya Abdul-Mateen II, Sacha Baron Cohen, Joseph Gordon-Levitt, Michael Keaton, Frank Langella, John Carroll Lynch, Eddie Redmayne, Mark Rylance, Jeremy Strong, dan Ben Shenkman.

24. The Boys in the Band

Film yang dibuat berdasarkan drama 1968 dengan judul yang sama oleh Mart Crowley. Crowley sebelumnya mengadaptasi The Boys in the Band untuk versi film 1970 yang disutradarai oleh William Friedkin dan dibintangi oleh para pemain off-Broadway 1968 yang asli.

Film ini dibintangi Jim Parsons, Zachary Quinto, Matt Bomer, Andrew Rannells, Charlie Carver, Robin de Jesús, Brian Hutchison, Michael Benjamin Washington, dan Tuc Watkins.

25. Uncorked

Elijah, untuk sebagian besar hidupnya, diharapkan untuk mengambil bisnis barbeque keluarganya. Jadi, semuanya jatuh padanya. Elia mulai belajar memasak dengan ayahnya sejak  berusia dua tahun dan mampu memahami instruksi.

Tapi, bertahun-tahun kemudian, Louis semakin frustasi dan ragu dengan sang putera. Elijah lebih memilih mengejar mimpinya yang bukan di dunia bisnis restoran. Ia ingin menjadi master sommelier (seseorang ahli minuman anggur). Hal itu tentu tidak dapat diterima oleh sang ayah. Apakah Elijah akan menjadi dirinya sendiri atau mengikuti keinginan keluarganya?.

26. Horse Girl

Sarah, seorang karyawan toko seni dan kerajinan yang terisolasi secara sosial, menemukan dirinya lebih puas di perusahaan kuda dan pertunjukan kejahatan supranatural daripada berinteraksi dengan orang lain.

Tetapi ketika serangkaian mimpi aneh surealis mengubah kesederhanaan kehidupannya yang terjaga, Sarah berjuang untuk membedakan visinya dengan kenyataan. Sebuah film thriller psikologis gelap lucu tentang pencarian seorang wanita terhadap kebenaran dengan segala hal abstrak di dalamnya.


Nah, itulah daftar rekomendasi film Netflix terbaik 2020 berbagai genre. Beberapa di antaranya dapat menjadi referensi tontonan Anda di waktu luang.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait