JICA Tertarik Bangun Jalur Kereta di IKN Nusantara

Image title
Oleh Antara
10 November 2023, 15:50
ikn nusantara, kereta api, jalur kereta, jica
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Suasana pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (2/11/2023). Presiden Joko Widodo mengatakan nilai investasi di IKN telah mencapai Rp45 triliun dari dalam negeri.

Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) tengah mengkaji proyek pembangunan jalur kereta di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Pembicaraan antara pemerintah RI dan JICA terjadi pada dua pekan lalu. "Presiden JICA datang ke Jakarta, bertemu saya dan Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi), makan siang untuk membicarakan itu," ucap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Tokyo, Jumat (10/11), dikutip dari Antara

Namun, belum ada kepastian dari Jepang soal ini. “Kemarin Menteri Pertanahan Infrastruktur dan Transportasi  Jepang juga mengatakan akan menyelesaikan pengkajian pengembangan IKN,” kata dia.

Ada empat proyek kereta api di IKN Nusantara yang bakal dibangun pemerintah pada 2025 hingga 2029. Keempatnya adalah kereta api bandara, kereta perkotaan di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), jalur perkotaan di dalam Kalimantan, dan intercity.

Rencananya jalur kereta api atau KA Perkotaan Balikpapan-KIPP mencapai panjang 143,33 kilometer dengan waktu tempuh 88 menit. Rinciannya, pemerintah akan membangun jalur sepanjang 125,73 kilometer berada di permukaan tanah,  14,6 kilometer melayang (elevated), dan tiga kilometer di bawah tanah.

Kereta itu dapat menampung sebanyak 4,5 juta penumpang pada 2040. Sedangkan KA Bandara akan menghubungkan Bandara Internasional Sepinggan dengan KIPP.

Pemerintah menyiapkan dua alternatif trase untuk proyek tersebut. Pertama, merunut pada kajian 2021, jalur sepanjang 65,5 kilometer dengan waktu tempuh 29,8 menit yang melintasi empat stasiun.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...