Otorita IKN: Investor Asing Mulai Bangun Proyek di IKN Tahun Depan

Andi M. Arief
9 November 2023, 13:54
IKN Nusantara, IKN, investor asing
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ilustrasi. Otorita IKN Nusantara menyebut, akan ada 10 proyek investasi senilai Rp 10 triliun yang dimulai pembangunannya pada akhir Desember 2023.

Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN menyatakan tidak akan membatasi investasi asing ke Nusantara. Otoritas mengumumkan akan ada satu investasi asing yang terealisasikan pada kuartal pertama 2024.

Kepala OIKN Bambang Susantono mengakui hingga kini memang belum ada investasi asing yang tertanam di Nusantara. Menurut dia, realisasi investasi lokal dapat lebih cepat karena perbedaan birkorasi dan keleluasaan untuk melihat langsung kondisi IKN. 

"Tidak berarti investasi asing tidak berproses, tapi butuh waktu yang lebih untuk membuat studi kelayakan sebelum investasi karena masalah lokasi," kata Bambang di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Kamis (9/11).

Bambang menjelaskan, investor lokal dapat mudah memeriksa topografi, sumber air, dan jaringan energi di Nusantara. Hal yang sama, menurut dia, sulit dilakukan oleh investor asing dalam menyusun studi kelayakan terkait investasi. Meski demikian, ia menduga sejumlah investasi lokal yang sudah mulai direalisasikan kemungkinan menggandeng partner asing. 

Bambang mencatat investor asing akan mulai menanamkan dananya pada tahun depan. Menurutnya, investasi asing tersebut adalah pembangunan rumah susun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha atau KPBU. Namun, Bambang tidak memerinci lebih jauh investasi yang dimaksud.

"Tidak ada pembatasan investasi asing, Ini masalah waktu saja dan kebetulan teman-teman investor domestik sudah lebih dulu menanamkan dananya," ujarnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya, menyatakan akan mengutamakan investor domestik untuk berinvestasi di Nusantara. Pada saat yang sama, ia mengatakan akan mengerem investasi asing ke IKN.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...