IKN Nusantara akan Punya Kereta Menuju Balikpapan dan Samarinda

Andi M. Arief
9 November 2023, 15:13
IKN Nusantara, IKN, kereta
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Pekerja melintas disamping proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). Progres pembangunan IKN menurut Kementerian PUPR sudah mencapai 29,87 persen hingga 4 Juni 2023 dan pembangunan ini menggunakan anggaran dari total pagu tahun 2023 sebesar Rp 26,67 triliun.

Wilayah Ibu Kota Nusantara akan dilengkapi dengan infrastruktur kereta api yang terhubung dengan dua kota besar di Kalimantan Timur, yakni Balikpapan dan Nusantara. Konstruksi jalur kereta di IKN kemungkinan akan melayang, seperti kereta yang saat ini tersedia di Bandara Soekarno Hatta dan menjadi penghubung antara terminal.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bamabng Susantono mengatakan, pihaknya sedang mematangkan rencana utama konstruksi kereta api Nusantara. Ia mengatakan, kereta tersebut akan menghubungkan Nusantara dan Samarinda.

Menurut Bambang,  minat investor pada proyek kereta api cukup tinggi. Otorita kini sedang memilih rencana investasi terbaik terkait transportasi umum tersebut.

"Tahun depan, harusnya selesai rencana utamanya. Kami masih lihat mana investasi kereta api Nusantara yang terbaik," kata Bambang di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Kamis (9/11).

Ia tak menjelaskan jadwal konstruksi kereta api Nusantara. Namun, menurut dia, konstruksi kerea api Nusantara tak harus rampung tahun depan. 

Bambang menjelaskan, alasan di balik rencana pembangunan kereta api Nusantara. Menurut dia, Nusantara memiliki potensi sebagai wilayah aglomerasi dengan Balikpapan dan Samarinda. Populasi aglomerasi Nusantara pada tahun depan dapat mencapai 1,85 juta orang pada tahun depan.

Populasi tersebut berasal dari Samarinda sejumlah 850.000 orang, Balikpapan sekitar 800.000 orang, dan sekitar Nusantara sebanyak 200.000 orang. Bambang menilai, Nusantara dapat menjadi daya tarik bagi daerah sekitar Nusantara dan meningkatkan lalu lintas orang di wilayah aglomerasi tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...