Profil PSI, Partai Anak Muda Kena Sindir Megawati

Dzulfiqar Fathur Rahman
13 Januari 2023, 17:39
Sejumlah kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membentangkan poster sebelum penyerahan berkas pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 di gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022). PSI secara resmi mendaftarkan diri sebagai salah satu calon par
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/YU
Sejumlah kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membentangkan poster sebelum penyerahan berkas pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 di gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meminta maaf kepada Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Hal ini terkait dengan langkah PSI mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024.

Ganjar merupakan kader PDIP. Sedangkan partai berlambang banteng bermoncong putih tersebut belum menentukan kandidat capresnya.

Megawati menyindir partai politik yang mendompleng kader dari partai lain. Dalam pernyataannya saat ulang tahun PDIP ke-50, Selasa (10/1), ia menyebut langkah tersebut menimbulkan kesan parpol tidak memiliki kader sendiri. 

Sehari kemudian, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengakui pidato itu merujuk ke partainya. “Untuk itu, dalam kesempatan ini dengan segala kerendahan hati PSI minta maaf kepada ibu Mega,” katanya dalam video yang diunggah di kanal media sosial YouTube PSI.

Grace bahkan menyebut PSI sebagai adik PDIP karena keduanya partai nasionalis. "Kami akan selalu berjuang untuk kemajuan dan keutuhan NKRI," ucapnya. 

Sejarah PSI

Berdiri pada November 2014, PSI muncul dengan misi menghadirkan pembaruan dalam politik Indonesia. Hal ini tercermin dari para pendirinya yang sebagian merupakan pendatang baru di politik, seperti Grace dan Isyana Bagoes Oka.

Keduanya lebih dulu dikenal sebagai presenter acara berita di televisi nasional. Ketika mendirikan PSI, mereka berumur 30an tahun.

Pada situs resminya PSI menulis, partainya layak dipilih karena menghadirkan gagasan, cara, orang, dan mesin yang baru. "Hasil yang baru tidak mungkin dicapai melalui cara lama,” tulisnya.

Salah satu pembaruan yang PSI hadirkan terlihat dalam proses pemilihan calon anggota legislatifnya. Untuk pemilihan umum (Pemilu) legislatif 2019, misalnya, PSI membuka proses seleksi kandidat ke publik dengan mengunggah video-videonya ke kanal YouTube partai itu.

PSI MENDAFTAR PEMILU 2024
PSI MENDAFTAR PEMILU 2024 (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/YU)

Fokus PSI

PSI menyatakan fokusnya ke anak-anak muda dan perempuan. Pada Pemilu 2019, sekitar 45% dari calon yang diusung oleh PSI adalah perempuan. Ini melampaui ambang batas minimum di 30%.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat, tingkat keterwakilan perempuan dalam tubuh pengurus pusat PSI mencapai 62,5% per 6 Januari 2023. Ini lebih tinggi dari partai lama, seperti PDIP yang hanya 40.63%.

"PSI memberikan porsi yang besar pada perempuan," tulis partai ini dalam situsnya. "Sehingga gerakan politik PSI tidak hanya sekadar memenuhi syarat 30% perempuan, tapi juga seluruh keputusan politiknya diambil melalui keterlibatan aktif perempuan di dalamnya.”

Advertisement

Keterlibatan PSI dalam jabatan publik masih terbatas. Anggotanya belum ada yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pada pemilu legislatif 2019, partai bunga mawar ini baru mampu memenangkan 13 kursi di DPR Daerah (DPRD) di enam provinsi, termasuk DKI Jakarta.

Reporter: Dzulfiqar Fathur Rahman
Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait