Dua Menteri Mengundurkan Diri, Nasib Boris Johnson di Ujung Tanduk

Syahrizal Sidik
6 Juli 2022, 08:01
Dua Menteri Mengundurkan Diri, Nasib Boris Johnson di Ujung Tanduk
ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay/Pool/WSJ/dj
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengadakan konferensi pers di 10 Downing Street

Kepemimpinan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson terancam lengser setelah dua menterinya mengundurkan diri secara bersamaan. Kedua menteri yang mengundurkan diri tersebut adalah Menteri Keuangan Rishi Sunak dan Menteri Kesehatan Sajid Javid.

Seperti dikutip dari The Star, pengunduran diri dua menteri senior tersebut lantaran menilai PM Boris tidak lagi layak untuk memimpin setelah diterpa serangkaian skandal yang merusak pemerintahannya dalam beberapa bulan terakhir.

Semakin banyak anggota parlemen di Partai Konservatif yang berkuasa mengatakan permainan terserah Johnson. Namun PM Boris Johnson tetap menunjukkan tekadnya untuk tetap berkuasa dengan menunjuk Nadhim Zahawi sebagai menteri keuangan yang baru. Nadhim sebelumnya menjabat sebagai menteri pendidikan.

Tingkat permusuhan yang dia hadapi dari dalam partainya sendiri akan terungkap nanti ketika Boris muncul di hadapan anggota parlemen untuk sesi pertanyaan mingguannya, sebelum kemudian menghadapi ketua komite parlemen untuk sidang dua jam yang dijadwalkan.

"Saya menduga kita harus menyeretnya menendang dan berteriak dari Downing Street," kata seorang anggota parlemen Konservatif kepada Reuters, yang berbicara dengan syarat anonim. "Tapi jika kita harus melakukannya seperti itu maka kita akan melakukannya."

Kepemimpinan Johnson telah terperosok dalam skandal dan kesalahan langkah selama beberapa bulan terakhir. Boris pernah didenda oleh polisi karena melanggar undang-undang karantina Covid-19 di negaranya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...