PM Inggris Boris Johnson Akan Mundur Hari Ini

Syahrizal Sidik
7 Juli 2022, 15:55
PM Inggris Boris Johnson Akan Mengundurkan Diri
ANTARA FOTO/REUTERS/Finnbarr Webster/Pool /hp/cf
Perdana Menteri Britain Boris Johnson

Boris Johnson akan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Inggris pada hari Kamis ini.

Pengunduran diri Boris seiring dengan banyaknya pejabat di lingkaran pemerintahannya yang mengundurkan diri. Menurut laporan BBC, setidaknya ada lebih dari 50 pejabat yang mengundurkan diri dan membuat pemerintah hampir lumpuh.

Dengan delapan menteri, termasuk dua menteri luar negeri, mengundurkan diri dalam dua jam terakhir, Johnson yang terisolasi dan tidak berdaya akan tunduk pada hal yang tak terhindarkan dan menyatakan pengunduran dirinya kemudian, kata laporan media.

"Boris Johnson akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif hari ini," kata editor politik BBC Chris Mason, seperti dikutip dari The Star, Kamis (7/7).

Setelah berhari-hari berjuang untuk pekerjaannya, Johnson telah ditinggalkan oleh semua kecuali segelintir sekutu. Itu jauh dari ketika Johnson, naik ke tampuk kekuasaan pada 2019 ketika ia memenangkan mayoritas besar, meraih suara di beberapa bagian Inggris yang belum pernah mendukung Partai Konservatifnya sebelumnya.

Bahkan menteri keuangannya, Nadhim Zahawi, yang baru dilantik pada Rabu, sempat meminta bosnya untuk mengundurkan diri.

"Ini tidak berkelanjutan dan hanya akan menjadi lebih buruk: untuk Anda, untuk Partai Konservatif dan yang paling penting dari semua negara," katanya di Twitter. "Kamu harus melakukan hal yang benar dan pergi sekarang."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...