Vale Indonesia Mulai Operasikan Truk Listrik di Area Tambang

Wahyu DJ
Oleh Wahyu DJ
4 Agustus 2022, 22:23
Vale Indonesia Mulai Operasikan Truk Listrik di Area Tambang
Katadata/Wahyu DJ
Vale Indonesia akan melakukan uji coba satu unit truk listrik di area pertambangan nikel Blok Sorowako selama satu tahun ke depan.

Emiten pertambangan nikel, PT Vale Indonesia Tbk., mulai mengoperasikan  truk listrik di area pertambangan. Hal ini guna mengimplementasikan target perseroan menuju nol emisi karbon di tahun 2050 mendatang.

CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy mengungkapkan, pada saat ini masih ada satu unit truk yang diujicoba di area pertambangan. "Jika efisien dan durabel, seluruh unit truk akan diganti jadi truk elektrik," kata Febriany, kepada Katadata.co.id, Kamis (4/8).

Advertisement

Sebelumnya, perusahaan telah meluncurkan dan mengoperasikan bus listrik pada Februari lalu, dan kini meluncurkan truk listrik di Mobile Equipment Maintenance (MEM) di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (4/8/2022).

Febriany mengungkapkan, penggunaan truk listrik tersebut merupakan wujud atas komitmen perusahaan untuk turut serta mendukung target pemerintah menurunkan emisi karbon.

"Di Sorowako ini kita punya target emisi reduction fase 1 dan 2 tahun 2030 1/3 dan menuju nett zero di tahun 2050. Bentuk nyata dari 1/3 emisi reductionnya," ungkapnya.

"Maka hari ini kami meresmikan truk listrik yang nantinya akan dioperasikan sepenuhnya di wilayah pertambangan PT Vale."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement