Sandiaga Sebut Jokowi Akan Beli Minyak Rusia Karena Lebih Murah 30%

Syahrizal Sidik
20 Agustus 2022, 16:35
Sandiaga Sebut Jokowi Akan Beli Minyak Rusia Karena Lebih Murah 30%
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Aktivitas Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebut, Presiden Jokowi dikabarkan menyetujui untuk mengimpor minyak dari Rusia.

Kebijakan itu ditempuh karena, harga minyak dunia yang saat ini sedang bergejolak di tengah perang Rusia dan Ukraina. Namun, Rusia berani menawarkan harga minyak 30% lebih murah dari harga pasar internasional.

"Rusia nawarin ke kita, eh lu mau enggak India sudah ambil nih minyak kita, harganya 3% lebih murah daripada harga pasar internasional. Kalau buat teman-teman CEO Mastermind ambil gak? Ambil. Pak Jokowi pikir yang sama, ambil," kata Sandiaga seperti dikutip di akun Instagramnya, Sabtu (20/8).

Meski begitu, kebijakan ini bukan tanpa hambatan. Sebagian pihak mengaku tidak sependapat karena khawatir adanya embargo dari Pemerintah Amerika Serikat.

"Apa yang kita lihat mungkin sangat berbeda dari perspektif geoplitik, faktor ekonomi, ini memang tantangan. Barat ini kan mau bagaimanapun juga, uang, teknologi mereka yang kontrol. Setiap pengiriman dolar AS harus lewat New York," terangnya.

Sandiaga juga menuturkan, jika Indonesia dikeluarkan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications (SWIFT), maka Indonesia bisa mengkonversi pembayarannya dalam bentuk Rubel. "Kata Rusia tidak perlu takut, bayar pakai rubel saja. Konversi rupiah ke rubel, nah ini teman-teman di sektor keuangan lagi menghitung," bebernya.

Sebelumnya, wacana mengimpor minyak dari Negeri Beruang Merah sempat mengemuka pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Maret 2022 lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...