Timnas Amputasi RI Lolos Piala Dunia, Jokowi Beri Sangu Rp 500 Juta

Rizky Alika
21 September 2022, 20:01
Timnas Amputasi RI Lolos Piala Dunia, Jokowi Beri Sangu Rp 500 Juta
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Sejumlah pesepak bola Timnas Amputasi Indonesia melakukan latihan perdana jelang Piala Dunia Amputasi 2022 di Sports Club Serena Mansion, Jakarta Selatan.

Presiden Joko Widodo menerima pengurus, atlet, dan pelatih Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/9). Dalam kesempatan itu, Jokowi memberi uang sangu kepada atlet Tim Nasional Sepak Bola Amputasi Indonesia untuk berangkat ke Piala Dunia.

"Untuk sangu Bapak/Ibu sekalian ke pertandingan nanti sebesar Rp 500 juta," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/9).

"Itu untuk sangu. Nanti kalau juara, beda soal," ujar Jokowi.

Adapun, Piala Dunia Sepak Bola Amputasi akan digelar di Istanbul, Turki pada 1-9 Oktober 2022.

Kepala Negara memastikan, seluruh fasilitas sudah disiapkan oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga.

Jokowi mengatakan senang atas lolosnya atlet sepak bola amputasi Indonesia dari kualifikasi di zona Asia Timur. Mantan Wali Kota Solo itu pun berpesan agar timnas sepak bola amputasi Indonesia dapat mempersiapkan diri dengan baik.

"Kita harapkan benar-benar dapat menorehkan prestasi yang maksimal, membawa nama baik Indonesia," ujar dia.

Adapun, Indonesia melaju ke Piala Dunia Sepak Bola Amputasi untuk pertama kalinya usai lolos babak kualifikasi di Bangladesh. Di Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022, timnas Indonesia akan bergabung di Grup C dan bersaing dengan Inggris, Argentina, dan Amerika Serikat.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Adapun pengurus PSAI dan timnas sepak bola amputasi yang hadir antara lain Ketua Umum PSAI Yudi Yahya, Sekretaris Jenderal PSAI Rusharmanto, Pelatih Kepala Bayu Guntoro, dan para atlet sepak bola amputasi Indonesia.

Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...