ESDM Beberkan Kabar Terbaru Soal Progres Divestasi Saham Vale

Mela Syaharani
6 Oktober 2023, 19:50
ESDM Sebut Proses Divestasi Saham Vale Terus Berjalan, Skemanya B2B
Katadata / Wahyu Dwi Jayanto
Aktivitas pertambangan PT Vale Indonesia Tbk. Hak konsesi Kontrak Karya (KK) Vale akan berakhir pada Desember 2025.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan divestasi saham Vale dijalankan menggunakan metode business to business (B2B). Dia juga mengatakan, divestasi ini masih terus berjalan hingga saat ini.

“Masih berjalan terus ya,” kata Dadan di kantor Kementerian ESDM pada Jumat (6/10).

Sebelumnya, pada September lalu, PT Vale Indonesia Tbk menargetkan dapat memperoleh perjanjangan  Izin Usaha Pertambangan atau IUP dari pemerintah dalam waktu dekat. Untuk diketahui, syarat perpanjangan IUP tersebut adalah divestasi saham Vale ke pemerintah setidaknya 11%. 

Presiden Direktur Vale Indonesia Febriany Eddy menyampaikan proses divestasi tersebut masih berlangsung. Untuk diketahui, pelepasan kepemilikan saham tersebut selambatnya terjadi pada akhir 2024 atau setahun sebelum masa IUP Vale Indonesia habis pada Desember 2025 nanti. 

"Kami upayakan yang terbaik supaya kami dapat kepercayaan dari pemerintah. Saat ini proses divestasi masih berjalan," katanya dalam Katadata Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023 di Ballroom Kempinski, Jakarta, Selasa (26/9). 

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...