BCA Bagikan Dividen Rp 17,9 Triliun, Simak Jadwalnya

Manajemen BCA menyampaikan bahwa cum date pembagian jatah dividen di pasar reguler dan negosiasi berlangsung pada 25 Maret 2022. Adapun pembagian di pasar tunai berlangsung pada 29 Maret mendatang.
Image title
22 Maret 2022, 11:30
BCA Bagikan Dividen Rp 17,9 Triliun, Simak Jadwalnya
Arief Kamaludin (Katadata)
PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) akan membagikan dividen Rp 17,9 triliun atau 57% dari perolehan laba bersih perseroan pada tahun 2021 senilai Rp 31,4 triliun.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen BCA menyampaikan bahwa cum date pembagian jatah dividen di pasar reguler dan negosiasi berlangsung pada 25 Maret 2022. Adapun pembagian di pasar tunai berlangsung pada 29 Maret mendatang.

Cum date atau tanggal cum dividen merupakan tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham tertentu dan berhak untuk mendapatkan dividen perusahaan yang telah diumumkan. Apabila pembelian saham dilakukan investor setelah melewati jadwal cum date, maka investor tidak memiliki hak untuk mendapatkan dividen.

Sementara itu, awal perdagangan saham tanpa hak dividen (ex dividen) di pasar reguler dan negosiasi digelar pada 28 Maret 2022, sedangkan di pasar tunai pada 30 Maret 2022.

Advertisement

Kemudian, tanggal recording date daftar pemegang saham yang berhak atas dividen berlangsung pada 29 Maret pukul 16.00 WIB. Lalu, tanggal pembayaran dividen akan dilakukan pada 19 April mendatang.

Sebelumnya, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BCA yang digelar Kamis (17/3), para pemegang saham menyetujui pembayaran dividen tunai kepada pemegang saham sebesar Rp 145 per saham dari tahun buku 2021.

Nilai dividen ini memang lebih rendah dari tahun lalu senilai Rp 553 per saham sebelum perusahaan melakukan pemecahan nilai nominal saham (stock split). Namun, jika dilihat besaran rasio pembayaran dividen pada tahun ini lebih tinggi dari tahun 2020 lalu sebesar 48,2% dari laba bersih BCA.

Manajemen BCA menyebut, besaran dividen tunai senilai Rp 145 per saham tersebut sudah termasuk dividen interim tahun buku 2021 sebesar Rp25 per saham yang telah dibayarkan oleh perseroan kepada para pemegang saham pada tanggal 7 Desember 2021.

Sehingga, sisanya sebesar Rp 120 per saham akan dibagikan kepada pemegang saham pada tanggal yang akan ditetapkan oleh direksi perseroan.

 

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait