Sri Mulyani Bertemu Melinda Gates Bahas Dukungan ke Biofarma

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Melinda Gates berkomitmen untuk mendukung penuh pengembangan bidang kesehatan Indonesia khususnya terkait Biofarma.
Image title
25 April 2022, 08:35
Sri Mulyani Bertemu Melinda Gates Bahas Dukungan ke Biofarma
Kementerian Keuangan
Sri Mulyani dan Melinda Gates

Menteri Keuangan Sri Mulyani menggelar pertemuan secara langsung dengan filantropis sekaligus salah satu miliarder perempuan dunia Melinda Gates dalam lawatannya ke Washington DC, Amerika Serikat. Keduanya membahas isu penguatan sistem kesehatan hingga transformasi digital.

Sri Mulyani dan Melinda bertemu pada Sabtu (23/4) waktu Washington DC. Ini merupakan pertemuan pertama bagi mereka setelah dua tahun tak bertemu secara langsung karena halangan pandemi. Ia menyebut Melinda sebagai salah satu 'sahabat lama' yang banyak mengabdikan diri untuk melawan kemiskinan, penyakit dan kesenjangan sosial di seluruh dunia.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya berdiskusi banyak hal di antaranya mengenai bidang kesehatan di Indonesia. "Melinda berkomitmen untuk mendukung penuh pengembangan bidang kesehatan Indonesia khususnya terkait Biofarma yang terus menemukan dan memproduksi vaksin dari beragam penyakit mematikan di seluruh belahan dunia," tulis perempuan yang akrab disapa Ani tersebut dalam unggahan di akun instagram pribadinya @smindrawati, Mingu (24/3).

Bukan hanya itu, Melinda juga diketahui membagikan pengalamannya dalam bidang teknologi. Ketua dari lembaga filantropi terkemuka dunia Bill & Melinda Gates Foundation itu menyampaikan pentingnya adopsi dan implementasi teknologi digital untuk mengakselerasi perkembangan bidang kesehatan di Indonesia.

Ani berharap kerja sama dengan Melinda bisa terus dilakukan ke depannya. Hal ini untuk saling bahu-membahu melawan kemiskinan, penyakit mematikan, serta kesenjangan sosial di dunia dan khususnya di Indonesia.

Melinda merupakan salah satu miliarder dunia dengan harta US$ 6,2 miliar. Berdasarkan Forbes Real Time Net Worth, ia menempati urusan 406 orang terkaya dunia per 24 April 2022. Ia juga dinobatkan sebagai salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia pada tahun lalu dan berada di urutan kelima.

Pertemuan Ani dengan Melinda merupakan salah satu agenda yang dilakukan dalam rangkaian pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia sepekan terakhir. Lawatan ke Washington DC tersebut digelar selama sepekan dari 18-23 April yang juga dirangkaikan dengan pertemuan kedua jalur keuangan G20 Presidensi Indonesia.

Selain dengan Melinda, Ani juga menggelar pertemuan dengan beberapa Menkeu negara lain serta petinggi lembaga multilateral. Ia sudah bertemu dengan Menkeu Brasil, Malaysia, Afrika Selatan, India, Amerika hingga Menkeu Jepang. Pertemuan dengan sejumlah Menkeu tersebut membahas mula dari agenda dalam jalur keuangan G20 Presidensi Indonesia hingga dampak ekonomi dari perang Rusia dan Ukraina.

"Kami bertukar pandangan dalam melihat dinamika perekonomian global naik sebagai dampak pandemi dan pemilihan ekonomi maupun karena perubahan geopolitik," kata Sri Mulyani dalam unggahan instagramnya usai bertemu dengan Menkeu AS Janet Yellen, Selasa (19/4).

 

Reporter: Abdul Azis Said

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait