OJK Catat 254 Panggilan Masuk Terkait TaniFund dan Santara

Patricia Yashinta Desy Abigail
26 Desember 2022, 22:18
OJK Catat 254 Panggilan Masuk Terkait TaniFund dan Santara
TaniFund
Tangkapan layar situs TaniFund.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan ada 254 panggilan masuk terkait ke layanan panggilan konsumen milik OJK 157. Panggilan itu masuk terkait PT Tani Fund Madani (TaniFund) Indonesia atau Tanifund, serta PT Santara Daya Inspiratama (Santara) sejak 1 Januari 2022 hingga 25 Desember 2022.

"Dari jumlah tersebut ada 215 pertanyaan, 12 dari informasi (laporan), dan 27 pengaduan," kata Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK, Agus Fajri Zam, kepada Katadata, Senin (26/12).

Agus juga membeberkan terdapat 14,08 ribu pengaduan dari Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) yang diterima oleh OJK dari 1 Januari sampai 16 Desember 2022.

Jika dirinci, sektor perbankan menjadi yang paling banyak diadukan, yakni sebanyak 7.104 pengaduan atau 50%. Urutan kedua yaitu Industri Keuangan Non Bank (IKNB) hingga 6.896 aduan atau 49%. Sementara sektor pasar modal mendapat 88 pengaduan atau 0,6%.

"Dari data itu, 12.680 pengaduan atau 90,58% telah selesai, lalu 1.318 pengaduan atau 9,42% sedang dalam proses penyelesaian," katanya. 

Selain itu, Agus mengatakan 1.545 konsumen melanjutkan pengaduan ke Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS). Dari angka tersebut 1.218 pengaduan ditindaklanjuti LPAS. Lalu sebanyak 519 pengaduan telah selesai, serta 699 pengaduan sedang dalam proses

Sebelumnya, OJK memberi perhatian khusus terhadap 22 startup pinjaman online alias teknologi finansial pembiayaan (fintech lending), karena kredit macet di atas 5%, salah satunya TaniFund. Tindakan yang bisa diambil mulai dari pengecekan hingga mencabut izin.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...