Pengusaha Ritel Tunggu Aturan Teknis PPN 11% Bahan Pokok dan Penting

Tia Dwitiani Komalasari
3 April 2022, 16:06
Pedagang tertidur saat menunggu pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/6/2021).
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Pedagang tertidur saat menunggu pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/6/2021).

Pengusaha ritel menunggu aturan teknis mengenai barang-barang kebutuhan pokok dan penting yang tidak dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Kenaikan tarif PPN dari 10% menjadi 11% akan berdampak pada konsumsi masyarakat karena dilakukan di saat bersamaan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), elpiji, tarif tol, serta momentum Ramadan dan Idul Fitri.

Ketua Umum Aprindo Roy N. Mandey meminta agar pemerintah menunda pengenaan PPN pada bahan pokok dan penting. Hal itu dilakukan dengan menerbitkan petunjuk pelaksanaan atau petunjuk teknis dari Undang-Undang Nomor 7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

“Kami tentunya mendukung UU HPP/21 yang telah ditetapkan pemerintah dan diratifikasi DPR akhir tahun 2021 lalu. Namun pemberlakuan tarif PPN 11% saat ini apakah sudah tepat momentumnya atau masih dapat didiskresikan beberapa saat lagi untuk meredam sentimen psikologi publik,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (3/4).

Roy mengatakan, periode Ramadan dan Idul Fitri merupakan harapan bagi berbagai industri dan sektor usaha dari hulu hingga hilir untuk meningkatkan penjualan melalui belanja dan konsumsi masyarakat. Hal itu seperti Kuartal II 2021 Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi 7,07% atau tertinggi selama satu dekade.

Dia mengatakan, potensi menunda konsumsi rumah tangga non kebutuhan dasar bisa terjadi pada seluruh lapisan masyarakat jika terjadi kenaikan harga bahan pokok dan penting. Kelompok masyarakat menengah atas akan memilih menyimpan dananya dan menahan diri untuk berbelanja selain kebutuhan dasar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...