Bisnis Otomotif Pulih, Penjualan Mobil Maret Samai Sebelum Pandemi

Tia Dwitiani Komalasari
11 April 2022, 12:31
penjualan mobil, otomotif, gaikindo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada hari terakhir pameran otomotif Jakarta Auto Week 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Minggu (20/3/2022).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat angka penjualan wholesale kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia mencapai 98.524 unit pada Maret 2022. Penjualan mobil retail sepanjang bulan yang sama tercatat sebanyak 89.811 unit.

Penjualan wholesale dan retail pada Maret 2022 telah mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia pada kondisi normal atau sebelum pandemi.

"Hasil penjualan kendaraan pada bulan Maret yang berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal, adalah buah dari dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi melalui keterangan resmi, Senin (11/4).

Dengan demikian, penjualan mobil pada kuartal I 2022  mencapai 263.810 unit. Angka tersebut naik 41,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut Nangoi, kenaikan angka penjualan pada kuartal pertama tahun ini didorong oleh kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) yang mendukung industri otomotif Indonesia. Kebijakan tersebut juga menggerakkan kembali UKM industri pendukung otomotif.

Hasil penjualan kendaraan tersebut juga tidak lepas dari penyelenggaraan Jakarta Auto Week (JAW) pada 12-21 Maret 2022. Keputusan Gaikindo memberikan stimulus lewat penyelenggaraan pameran terbukti efektif untuk mendongkrak penjualan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...