Bisnis Otomotif Pulih, Penjualan Mobil Maret Samai Sebelum Pandemi

Penjualan mobil Maret 2022 dipengaruhi oleh kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) dan penyelenggaraan Jakarta Auto Week.
Image title
11 April 2022, 12:31
penjualan mobil, otomotif, gaikindo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada hari terakhir pameran otomotif Jakarta Auto Week 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Minggu (20/3/2022).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat angka penjualan wholesale kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia mencapai 98.524 unit pada Maret 2022. Penjualan mobil retail sepanjang bulan yang sama tercatat sebanyak 89.811 unit.

Penjualan wholesale dan retail pada Maret 2022 telah mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia pada kondisi normal atau sebelum pandemi.

"Hasil penjualan kendaraan pada bulan Maret yang berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal, adalah buah dari dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi melalui keterangan resmi, Senin (11/4).

Dengan demikian, penjualan mobil pada kuartal I 2022  mencapai 263.810 unit. Angka tersebut naik 41,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Advertisement

Menurut Nangoi, kenaikan angka penjualan pada kuartal pertama tahun ini didorong oleh kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) yang mendukung industri otomotif Indonesia. Kebijakan tersebut juga menggerakkan kembali UKM industri pendukung otomotif.

Hasil penjualan kendaraan tersebut juga tidak lepas dari penyelenggaraan Jakarta Auto Week (JAW) pada 12-21 Maret 2022. Keputusan Gaikindo memberikan stimulus lewat penyelenggaraan pameran terbukti efektif untuk mendongkrak penjualan.

"Penyelenggaraan perdana JAW selama sembilan hari telah mencatat pencapaian transaksi yang sangat bagus dan berhasil merealisasikan tujuannya untuk dapat berkontribusi kepada pencapaian penjualan industri otomotif. Terbukti pada bulan Maret mencapai hasil yang luar biasa," kata Nangoi.

Dia menambahkan, Gaikindo menyampaikan apresiasi kepada pemerintah melalui Kementerian Perindustrian atas kebijakan yang mendorong bangkitnya industri otomotif Indonesia.

"Dukungan dan arahan Kementerian Perindustrian agar JAW dapat kembali berkontribusi terhadap pencapaian industri otomotif Indonesia, semakin meningkatkan semangat Gaikindo untuk menyelenggarakan JAW di tahun-tahun mendatang," ujar Nangoi.

Penjualan mobil di Indonesia tumbuh positif sepanjang 2021. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia mencatat, penjualan mobil domestik mencapai 887.202 unit pada Januari hingga Desember 2021 lalu. Angka itu meningkat 66,63% dibandingkan 2020 yang sebanyak 532.407 unit. 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait