Mendag: Harga Minyak Goreng Mulai Turun, Capai HET Jelang Lebaran

Andi M. Arief
14 April 2022, 11:19
Warga antre untuk membeli minyak goreng curah di salah satu distributor di Desa Mlati Lor, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (13/4/2022).
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/wsj.
Warga antre untuk membeli minyak goreng curah di salah satu distributor di Desa Mlati Lor, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (13/4/2022).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan harga minyak goreng kemasan dan curah memasuki tren penurunan. Pemerintah juga menjamin pasokan minyak goreng tersedia di pasar rakyat.

Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi mengatakan harga minyak goreng curah saat ini Rp 16.000 per kilogram (kg). Harga itu masih lebih tinggi sekitar 7% dibandingkan bulan lalu. Namun, harga minyak goreng curah tercatat lebih rendah 3% dari posisi minggu lalu senilai Rp 16.700 per kg.

"(Harga) stabil pasti. Barangnya ada, tapi mungkin sedikit di atas HET (Harga Eceran Tertinggi)," kata Lutfi di Pasar Rawamangun, Kamis (14/4). 

Lutfi meramalkan harga minyak goreng curah akan terus susut dan mencapai HET sebelum lebaran 2022. Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 11 tahun 2022, HET minyak goreng curah adalah Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per Kg. 

Selain curah, Lutfi mengatakan  minyak goreng kemasan juga sudah masuk ke tren penurunan. Menurut dia, harga minyak goreng kemasan premium kini ada di rentang Rp 23.000 - Rp 25.000 per liter. 

Lutfi menjanjikan bahwa harga minyak goreng kemasan premium akan melakukan penyesuaian harga di pasar secara bertahap sesuai Permendag no. 11-2022.

"Kami berusaha stabil, tapi tidak terlalu bawah supaya petani kita merasakan lebaran dengan baik," kata Lutfi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...