Ratusan Sapi NTT Tujuan Jakarta Tertahan di Jatim Imbas Wabah PMK

Tia Dwitiani Komalasari
11 Mei 2022, 18:37
Petugas memberi minum sapi-sapi yang ditampung di kadang milik Karantina Hewan Kupang sebelum dikirim ke Banjarmasin dan DKI Jakarta di Kupang, NTT,Selasa (10/5/2022). Sapi-sapi NTT yang dikirim menggunakan kapal kargo dan melewati Jawa Timur terancam tid
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/rwa.
Petugas memberi minum sapi-sapi yang ditampung di kadang milik Karantina Hewan Kupang sebelum dikirim ke Banjarmasin dan DKI Jakarta di Kupang, NTT,Selasa (10/5/2022). Sapi-sapi NTT yang dikirim menggunakan kapal kargo dan melewati Jawa Timur terancam tidak dapat dikirim imbas adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang sejumlah sapi yang berada di Jawa Timur dan Kalimantan.

Sebanyak 736 ekor sapi yang dikirim dari Nusa Tenggara Timur (NTT) tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Sapi tersebut rencananya akan dikirim ke DKI Jakarta, namun tertahan karena ada penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan yang mewabah di Jatim.

"Saat ini kapal sudah sandar di Surabaya. Sebab keputusan adanya PMK itu keluar bersamaan dengan berangkatnya kapal, sehingga tidak bisa dihindari lagi," kata Kepala Balai Karantina Hewan NTT, Yulius Umbu H di Kupang, Selasa (11/5).

Advertisement

Ia mengatakan, sapi-sapi itu rencananya akan dikirim ke DKI Jakarta melalui jalan darat. Namun, ratusan ekor sapi tersebut tidak bisa keluar dari pelabuhan karena Pemprov Jatim menutup lalu lintas hewan ternak di daerah itu.

“Sapinya juga tidak bisa dikembalikan ke Kupang lagi," kata Yulius.

Dia mengatakan, Pemprov NTT masih terus berkomunikasi dengan Balai Karantina Hewan di Surabaya untuk mencari solusi dari 736 sapi yang tertahan di daerah itu. Salah satu solusi agar sapi tersebut bisa masuk ke DKI Jakarta adalah dengan menggunakan kapal tol laut Cemara Nusantara milik pemerintah. Namun, pengiriman menggunakan kapal tol laut itu jumlahnya terbatas.

Yulius menegaskan, wilayah NTT hingga saat ini masih aman dari wabah PMK. Pihaknya pun telah menutup jalur masuk produk-produk kemasan daging ke NTT.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement