Digelar di Ancol, Formula E Berpotensi Hambat Arus Barang ke Priok

Tia Dwitiani Komalasari
3 Juni 2022, 18:39
Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022).

Ajang Formula E Jakarta 2022 berpotensi menghambat kelancaran arus barang ke Pelabuhan Tanjung Priok. Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok telah menyiapkan skema antisipasi dalam rangka menjaga kelancaran arus barang dari dan ke pelabuhan Tanjung Priok tersebut.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Wisnu Handoko mengatakan, Formula E akan berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Ancol Jakarta Utara pada Sabtu, (4/6). Lokasi acara tersebut berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

"Sebagaimana diketahui, bahwa DKI Jakarta akan mencatat sejarah baru, yakni untuk pertama kalinya bakal menjadi tuan rumah event balap single seater bertenaga listrik, Formula E seri ke-9 musim 2021/2022. Oleh karena itu kita harus mendukung agar gelaran tersebut berjalan lancar termasuk dukungan dari sektor transportasi laut," ujarnya, Jumat (3/6).

 Dia mengatakan, kawasan di sekitar sirkuit Formula E menjadi titik berkumpulnya orang dan kendaraan yang berpotensi menimbulkan kepadatan serta rekayasa lalu lintas. Hal ini diprediksi juga akan berdampak pada kelancaran arus barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan menyiapkan Langkah antisipasi agar arus barang ke Tanjung Priok bisa terjaga. Langkah antisipasi tersebut diantaranya:

  1. Pihak Terminal Operator diminta untuk , menjaga dan memastikan system pelayanan terminal khususnya gate berjalan normal dan terkendali selama event berlangsung.
  2. Menjaga arus barang tetap landai dengan mengalihkan closing time ke waktu yg tidak bersamaan dengan event formula E mulai hari sabtu, 4 Juni 2022 jam 06.00 sd 18.00 WIB. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi jumlah kendaraan truk yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok.
  3. Muatan impor pada proses receiving dan PLP diminta dilakukan pengaturan setelah event selesai sehingga mengurangi jumlah kendaraan keluar Pelabuhan.
  4. Menyiagakan personil yang cukup untuk pengendalian kemacetan selama event berlangsung.
  5. Melaksanakan Contingency plan yang telah dibuat untuk mengantisipasi kemacetan dan memastikan personil jaga memahaminya.
  6. Selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dalam mensikapi perkembangan lalu lintas melalui saluran komunikasi yang ditentukan.

 Tiket ajang balap kendaraan listrik Formula E Jakarta 2022 telah resmi dijual sejak 1 Mei 2022 lalu. Tercatat, ada 60 ribu tiket yang dijual oleh pihak penyelenggara dengan beragam kelas.

Berdasarkan lama Jakarta E-Prix 2022, harga tiket paling rendah pada kelas Ancol Festival 4 sebesar Rp250 ribu. Berikutnya, pada kelas Circuit Festival 3 dengan harga Rp450 ribu. Ada pula kelas Grandstand 2A-2H yang dijual seharga Rp750 ribu.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...