Tarif 30 Ruas Jalan Tol Bakal Naik Tahun Ini

Andi M. Arief
7 Juni 2022, 17:59
Foto udara sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Tangerang - Merak di Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (29/4/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nz
Foto udara sejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Tangerang - Merak di Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (29/4/2022).

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menyesuaikan tarif pada dua ruas tol pada bulan ini. Sepanjang 2022, akan ada penyesuaian tarif pada lebih dari 30 jalan tol

 "Yang Kepmennya (penyesuaian tarif tol) sedang diproses untuk (ruas tol) Soreang-Pasir Koja dan Pandaan-Malang," kata Kepala BPJT, Danang Parikesit, kepada Katadata.co.id, Selasa (7/6). 

Dia mengatakan, pemerintah akan lebih ketat mengawasi pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol. Pemenuhan SPM merupakan komponen utama dalam penyesuaian tarif jalan tol, sebelum diputuskan melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Dalam menyesuaikan tarif tol, BPJT akan melihat pemenuhan SPM yang dibagi ke dalam delapan komponen. Komponen tersebut adalah kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, unit pertolongan dan bantuan pelayanan, lingkungan, dan rest area. 

 Menurut Danang, pengetatan pengawasan SPM kali ini dilakukan atas rekomendasi Komisi V DPR. "Jadi, pemantauan SPM akan lebih ketat," kata Danang. 

 Danang mengatakan penyesuaian tarif tol pada bulan ini akan sesuai dengan inflasi daerah yang terlewati tol tersebut. Menurutnya, penyesuaian tarif tol kali ini tidak akan terlalu besar lantaran kecilnya inflasi selama 2 tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. 

 "(Inflasi) kita relatif rendah (2 tahun) kemarin, mungkin ada stagflasi sedikit, tapi tergantung inflasi di daerah masing-masing," kata Danang. 

 Berdasarkan catata Katadata, Tol Soreang-Pasir Koja dan Pandaan-Malang seharusnya mengalami penyesuaian tarif pada kuartal I/2022. Artinya, masih ada beberapa tol yang seharusnya disesuaikan pada Januari-Maret 2022, tapi masih belum dipatuhi oleh pemerintah. 

  Berikut daftar jalan tol yang akan melakukan penyesuaian tarif pada kuartal I-2022:

 1. Tol Dalam Kota 

2. Nusa Dua - Ngurah Rai - Benoa 

3. Kunciran - Serpong 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...