Anggarkan Rp 3 T, PUPR: Dana IKN Tahun Ini Hanya untuk Uang Muka

Andi M. Arief
7 Juni 2022, 19:22
Petugas mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan akses jalan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (19/4/2022).
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Petugas mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan akses jalan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (19/4/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan dana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dicairkan pada tahun ini maksimal hanya Rp 3 triliun. Dana tersebut akan digunakan sebagai uang muka untuk beberapa proyek infrastruktur IKN Nusantara yang akan dilelang pada tahun ini, seperti jalan dan bangunan. 

"Tahun ini (alokasi dana pembangunan IKN Nusantara) Rp 2 triliun sampai Rp 3 triliun. Tahun depan akan geser-geser lagi (dana APBN). Itu buat (uang muka konstruksi) buat jalan dan bangunan," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dala konferensi pers Sayembara IKN, Selasa (7/6). 

Diana mengatakan, dana pembangunan IKN Nusantara belum masuk dalam kas Kementerian PUPR. Namun demikian, Kementerian PUPR telah diminta untuk melelang sebagian proyek infrastruktur jalan di IKN Nusantara. 

Peraturan Presiden Nomor 64/2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2042 mengatur pembangunan empat jalan tol di IKN Nusantara. 

Jalan tol yang dimaksud adalah Tol Balikpapan Samarinda Kilometer 11-Junction Pulau Balang, Bandara Sepinggan-Jalan Tol Balikpapan - Samarinda, Bandara VVIP-Outer ring road Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), dan  junction Pulau Balang-KIPP.  Konstruksi ruas tol yang didahulukan adalah Tol Bandara VVIP-Outer ring road Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). 

 Diana mengatakan, Kementerian PUPR baru akan melelang gedung di KIPP IKN Nusantara pada kuartal III-2022. Sejauh ini, Kementerian PUPR masih mencari desain gedung terbaik melalui Sayembara Desain Gedung IKN.

Desain Gedung IKN

Saat ini, Kementerian PUPR masih mengerucutkan 60 desain gedung IKN menjadi 12 desain. Ke-12 desain merupakan tiga desain terbaik dari empat kategori, yakni Kompleks Kantor Wakil Presiden, Kompleks Legislatif, Kompleks Yudikatif, dan Kompleks Peribadatan. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...