Update Harga Pangan Hari Ini, Cabai Makin Meroket

Tia Dwitiani Komalasari
4 Juli 2022, 16:59
Pedagang cabai menata dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sepanjang bulan Juni 2022 sebesar 4,35 persen (yoy), dimana penyumbang inflasi tersebut berasal dari komoditas cabai merah, cabai raw
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Pedagang cabai menata dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi sepanjang bulan Juni 2022 sebesar 4,35 persen (yoy), dimana penyumbang inflasi tersebut berasal dari komoditas cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan telur ayam ras.

Harga cabai baik merah, keriting, maupun rawit semakin meroket jelang Idul Adha. Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, rata-rata harga cabai rawit merah kini mencapai Rp 95.950 per kilogram (kg), Senin (4/7).

Harga cabai rawit merah tertinggi ada di Bangka Belitung Rp 134.000 per kg. Sementara harga cabai rawit merah di DKI Jakarta mencapai Rp 120.000 per kg.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan bahwa Kementerian Pertanian telah memasok kebutuhan pangan seperti komoditas bawang, minyak goreng, beras dan aneka jenis cabai. Pasokan tersebut termasuk hewan ternak untuk menghadapi Idul Adha.

Sejauh ini, kata dia, kementan sudah melakukan pemetaan terkait pasokan dan permintaan di Indonesia.

"Intinya saya dengan pemprov DKI dan dengan Gubernur lain terbuka untuk melakukan supporting system terhadap kebutuhan pangan yang ada di masing masing wilayah. Kita mau yakinkan bahwa suplai kita cukup dan neraca kita aman," ujar Syahrul dalam kegiatan Launching Dukungan Kementerian Pertanian dalam Penyediaan Ternak Kurban dan Pangan Strategis Bagi Wilayah DKI Jakarta, Senin (4/7).

Khusus untuk cabai dan hewan ternak, Syahrul memastikan akan ada pasokan besar dari sejumlah daerah sentra seperti Sumedang, Wonosobo, Temanggung, Kediri bahkan sampai pulau Sulawesi.

 Berikut daftar rata-rata harga pangan nasional, Senin (4/7) pukul 16.06 WIB:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...