Tol Serang-Panimbang Tuntas 2024, Perjalanan dari Jakarta Hanya 3 jam

Pembangunan tol Serang-Panimbang seksi 3 ditargetkan selesai kuartal I-2024.
Tia Dwitiani Komalasari
8 Agustus 2022, 14:36
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menghadiri ground breaking pembangunan tol Serang-Panimbang seksi 3, Senin (8/8/2022).
Humas Kemenko Marves
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menghadiri ground breaking pembangunan tol Serang-Panimbang seksi 3, Senin (8/8/2022).

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan ground breaking Tol Serang - Panimbang Seksi 3 (Cileles-Panimbang). Pembangunan tol ini diharapkan bisa meningkatkan sektor pariwisata Provinsi Banten.

“Sekarang kalau kita melihat gambaran tol ini merupakan lembaran baru bagi Banten, khususnya pada sektor ekonomi bidang pariwisata, saya harap seluruh jajaran Provinsi Banten harus bisa memanfaatkan hal ini dengan baik,” kata Menko Luhut dikutip dari keterangan resmi, Senin (8/8).

Selain itu, Menko Luhut juga optimis daerah ini menjadi destinasi wisata mengingat jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Seperti yang diketahui, pembangunan infrastruktur jalan tol Serang - Panimbang sepanjang 83,67 km menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terbagi menjadi tiga seksi.

“Saya berharap dengan jadinya jalan tol ini, membuat daerah ini menjadi destinasi turis, dikarenakan jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, yang tadinya perjalanan darat ditempuh dalam waktu 5 jam menjadi 3 jam saja,” tutur Menko Luhut.

Rampung 2024
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa rencana pembangunan Tol Serang - Panimbang akan rampung sekitar kuartal pertama tahun 2024.

“Dari total tol, sepanjang 26,5 km Serang - Rangkasbitung sudah beroperasi, untuk seksi 2 (dua) Rangkasbitung - Cileles sepanjang 24,17 Km sedang dalam tahap konstruksi dengan progress lebih dari 30%, dan seksi 3 (tiga) sepanjang 33 km menghubungkan Cileles - Panimbang,” kata MenPUPR Basuki.

Proyek pengerjaan tol merupakan bentuk dari Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dengan pembagian pengerjaan sepanjang 50km oleh badan usaha, dan sekitar 33km dibangun oleh pemerintah.

Lebih lanjut Menko Luhut juga memaparkan bahwa pertumbuhan ekonomi pada provinsi Banten lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam kunjungan ini, Menko Luhut juga mengunjungi pembangunan pengamanan pantai Marina Tanjung Lesung.

“Seperti yang kita lihat, pembangunan ini sudah menunjukkan kemajuan pembangunan pada tanggul penahan ombak di Pantai Marina Tanjung, saya juga mengingatkan jangan lupa untuk tetap memperhatikan mangrove bagi Tanjung Lesung, karena lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua,” tutup Menko Luhut.

 Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan ada 16 ruas jalan tol baru dengan panjang total 331,97 kilometer (km) yang akan dirampungkan dan mulai beroperasi pada tahun 2022.

Advertisement
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait