BPS dan Kemenkeu Waspadai Konflik Cina-Taiwan, Mendag: Gak Ada Masalah

Andi M. Arief
15 Agustus 2022, 17:27
Konflik Taiwan vs Cina
123rf.com
Konflik Taiwan vs Cina

Beberapa pejabat negara mulai mewaspadai dampak ekonomi dari konflik Cina-Taiwan. Namun hal itu berbeda dengan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, yang menyatakan bahwa konflik antara dua negara tujuan ekspor Indonesia tersebut tidak akan berdampak pada neraca perdagangan Indonesia.

Zulkifli mengatakan bahwa jalur perdagangan Indonesia-Cina dan Indonesia-Taiwan masih berjalan lancar. Oleh karena itu, Zulkifli belum menggodok langkah strategis dalam mengamankan jalur perdagangan dengan kedua negara tersebut.

Advertisement

"Sementara jalur perdagangan dengan Cina dan Taiwan nggak ada soal, nggak ada masalah, nggak ada yang terganggu," kata Zulkifli di Gedung Sarinah, Senin (15/8).

Pada hari yang sama, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik, Setianto, menyatakan bahwa ketegangan geopolitik antara Cina dan Taiwan dapat mempengaruhi neraca dagang Indonesia.  Cina merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia dengan kontribusi nilai perdagangan mencapai 20%.

Pada Januari-Juli 2022,  nilai ekspor Indonesia ke Cina mencapai US$ 34,13 miliar dan impor mencapai US$ 38,27 miliar. Komoditas ekspor terbesar Indonesia ke Cina meliputi bahan bakar mineral, besi dan baja, serta lemak dan minyak hewan nabati. Sementara impor terbesar Indonesia ke Cina meliputi mesin-mesin/pesawat mekanik, mesin/peralatan listrk, serta besi dan baja.

"Sementara ekspor Indonesia ke Taiwan menunjukkan tren peningkatan. Pada Januari-Juli 2022, ekspor Indonesia ke Taiwan mencapai US$ 0,99 miliar dan impor US$2,72," kata Setianto saat konferensi pers ekspor dan impor BPS, Senin (15/8).

Ekspor terbesar Indonesia ke Taiwan meliputi besi dan baja, bahan bakar mineral serta bijih, kerak dan abu logam. Sementara impor terbesar Indonesia dari Taiwan meliputi mesin/peralatan listrik, mesin-mesin/pesawat mekanik, serta plastik dan barang dari plastik.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement