Upah Buruh dan Pajak Penyebab Ekspor Alas Kaki RI Kalah dari Vietnam

Nadya Zahira
13 September 2022, 16:01
Menteri Perdagangan melepas ekspor sepatu produksi PT Pratama Abadi Industri atas pesanan PT Nike Indonesia, Selasa (13/9).
Humas Kementerian Perdagangan
Menteri Perdagangan melepas ekspor sepatu produksi PT Pratama Abadi Industri atas pesanan PT Nike Indonesia, Selasa (13/9).

Ekspor alas kaki Indonesia  masih jauh berada di bawah Vietnam. Menteri Perdagangan, Zulkifili Hasan, mengatakan bahwa ada dua alasan yang menjadi penyebab ekspor alas kaki Indonesia masih kalah dari Vietnam.

Zulkifli mencatat, pangsa pasar industri alas kaki Indonesia di pasar global baru mencapai 3,87% atau menduduki ke-6 dunia pada 2021. Sementara itu, pangsa pasar Vietnam mencapai 10% pada tahun yang sama.

Advertisement

Menurut Zulkifli, Indonesia sebenarnya bisa mengungguli ekspor vietnam. Namun ada dua isu yang menjadi penghambat pertubuhan ekspor alas kaki yaitu upah buruh dan pajak.

"Vietnam cepat sekali ambil keuntungan dari gonjang-ganjing isu tenaga kerja dan upah buruh yang gak karuan. Kita harus reformasi," ujarnya di Tangerang Selatan, Selasa (13/9).

Selain itu, penyebab kedua adalah karena Vietnam sudah memiliki perjanjian perdagangan yang membuat produk negara tersebut dari bea masuk impor, salah satunya ke pasar Eropa. Dengan demikian, harga produk Vietnam lebih kompetitif.

Oleh sebab itu, Zulkifli mengatakan, Indonesia tengah mempercepat proses perjanjian perdagangan dengan sejumlah negara termasuk Uni Eropa. Saat ini, Kemendag tengah berupaya untuk menyelesaikan Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement