Cegah Lonjakan Harga, Bulog Salurkan Cadangan Beras Pemerintah

Andi M. Arief
14 September 2022, 10:54
Petugas mengecek kualitas beras hasil serapan dari petani di Gudang Perum Bulog Subdivre Serang, Banten, Selasa (30/8/2022).
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Petugas mengecek kualitas beras hasil serapan dari petani di Gudang Perum Bulog Subdivre Serang, Banten, Selasa (30/8/2022).

Badan Pangan Nasional atau Bapanas telah menerbitkan Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk mencegah terjadinya lonjakan harga dan inflasi. Kebijakan merupakan antisipasi dari harga beras yang terus menanjak selama sebulan terakhir.

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Badan Pangan Nasional atau Perbadan No. 4-2022 tentang Penyaluran CBP dalam rangka Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga bagi Keluarga Penerima Manfaat. Aturan tersebut dinilai dapat mengoptimalkan penyaluran CBP dengan lebih terukur. 

Advertisement

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi ,mengatakan optimalisasi CBP dapat berkontribusi secara signfikan dalam mengendalikan inflasi. Strategi yang digunakan adaah melakukan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga atau KPSH di daerah yang rawan mengalmi kenaikan harga beras dan memiliki kontribusi tinggi terhadap inflasi.  

“Kami optimis dan siap menjalankan tugas ini, karena kami sudah pegang peta dan data titik-titik mana yang terindikasi rawan dan perlu diintervensi,” kata Arief dalam keterangan resmi, Selasa (13/9). 

Secara rinci, KPSH adalah penyaluran beras dengna harga terjangkau kepada Keluarga Penerima Manfaat atau KPM. Pelaksanaan KPSH akan dilakukan oleh Perum Bulog, sementara itu, KPM akan mendapatkan beras sebanyak 20 kilogram. 

Beras KPSH tersebut akan dilengkapi denga informasi jenis beras dan harga tebus. Adapun, harga tebus akan disesuaikan dengan kualitas dan mutu beras. 

Penyaluran CBP melalui KPSH oleh Bulog akan terus dilakukan sepanjang tahun ini. Bulog pun akan melaporkan rincian penyaluran CBP setiap bulannya, seperti realsasi volume penyaluran beras, dan jumlah KPM kepada Bapanas. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement