Sejumlah Cagar Budaya Ditemukan saat Pembangunan MRT Stasiun HI-Kota

Tia Dwitiani Komalasari
20 September 2022, 18:11
Pekerja mengawasi pengerjaan proyek MRT Jakarta Fase 2A di Kawasan Monas, Jakarta, Selasa, (20/9).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja mengawasi pengerjaan proyek MRT Jakarta Fase 2A di Kawasan Monas, Jakarta, Selasa, (20/9).

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menemukan beberapa cagar budaya saat pembangunan MRT fase 2 yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Kota. Sejumlah cagar budaya yang ditemukan diantaranya berupa jembatan kuno Glodok dan jalur air Terakota Batavia, pada Desember 2021 dan Juli 2022.

"Kami melakukan 'checking' dan menemukan banyak sekali cagar budaya", kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim, di Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa (20/9).

Silvia mengatakan pihaknya harus memastikan penyelamatan cagar budaya sebelum mulai membangun terowongan maupun stasiun MRT di fase 2 yang menghubungkan Stasiun Bunderan HI hingga Stasiun Kota.

Silvia mengatakan pihaknya tidak akan merusak cagar budaya tersebut, melainkan akan melestarikan dengan memajang di museum, menggunakannya kembali pada bangunan stasiun dan menjadikannya bagian arsitektur bangunan.

PT MRT Jakarta juga harus membelokkan jalur rel agar tidak merusak cagar budaya berupa sisa tembok tua Batavia yang lebih dikenal dengan Pintu Besar.

MRT mulai melakukan pengerjaan fase 2 koridor Bundaran Hotel Indonesia-Stasiun Kota pada 14 Februari 2022 dan hingga saat ini telah mencapai 15 persen.

Saat ini, PT MRT Jakarta baru melayani satu koridor yakni dari Lebak Bulus hingga Bunderan HI dengan jalur melayang dan melewati terowongan, sedangkan koridor 2 dari Bunderah HI hingga Jakarta Kota menggunakan jalur terowongan.

 Laporan terbaru Climate Bonds Initiative menunjukkan Indonesia saat ini tengah mengerjakan 13 proyek infrastruktur transportasi hijau atau rendah karbon yang dapat didanai lewat surat utang hijau. Proyek-proyek ini termasuk lanjutan pembangunan MRT Jakarta, LRT, dan lain-lain.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...