Tol Pondok Aren-Serpong Langganan Banjir, PUPR Ungkap Penyebabnya

Nadya Zahira
5 Oktober 2022, 18:04
Petugas mengatur lalu lintas saat banjir di ruas Tol Pondok Aren-Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (4/10/2022).
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Petugas mengatur lalu lintas saat banjir di ruas Tol Pondok Aren-Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (4/10/2022).

 Tol BSD ruas Pondok Aren-Serpong sempat terendam banjir hingga setinggi 50 cm setelah hujan deras pada Selasa petang (4/10). Hal itu mengakibatkan gerbang tol Pondok Ranji dan Pondok Aren 2 ditutup untuk sementara.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ata Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, mengatakan bahwa titik banjir cukup banyak tersebar di beberapa titik Jakarta.

"Yang cukup parah di beberapa titik di serpong di km 8+500. Kejadian ini sudah ke empat kali. Kemarin cukup tinggi sehingga mengakibatkan kegenangan air," ujarnya.

Hedy mengatakan, tol Serpong-Pondok Aren sudah dibuka sejak 1999,dimana daerah di sekitar sungai Cibedak yang menyebrangi jalan tol tersebut masih berupa kawasan rawa.

Kawasan sekitar sungai tersebut kini menjadi pemukiman sehingga terjadi penyempitan kali dan pengurangan kawasan rembesan. Hal itu mengakibatkan muka air sungai menjadi naik dan meluap.

"Untuk di Tol Serpong itu kapasitas sungai dulu 9 meter, sekarang tinggal 4,5 meter saja," jelasnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...