Sejumlah Jalan Tol Langganan Banjir, Apakah Tarif Bisa Digratiskan?

Nadya Zahira
6 Oktober 2022, 11:33
Petugas mengatur lalu lintas saat banjir di ruas Tol Pondok Aren-Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (4/10/2022).
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Petugas mengatur lalu lintas saat banjir di ruas Tol Pondok Aren-Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa (4/10/2022).

Sejumlah ruas jalan tol kerap tergenang banjir pasca huja lebat sehingga menimbulkan kerugian bagi konsumen . Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI meminta agar Kementerian PUPR menggratiskan tol yang banjir karena hujan.

Ruas jalan tol yang terkena banjir tersebut misalnya tol BSD ruas Serpong Pondok Aren, tol Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S), tol Jakarta-cikampek, dan tol Jakarta-Tangerang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan bahwa pengambilan keputusan untuk pemberian sanksi bagi BUJT dalam urusan bencana alam membutuhkan banyak pertimbangan. Termasuk diantaranya sanksi penggratisan tarif jalan tol.

"Memang kalau kita mau memberikan sanksi itu sangat ditentukan atas dasar sebab kejadiannya, dan apakah badan usaha bertanggung jawab atas sebab kejadian tersebut. Ini saya kira menjadi penting untuk kita mengatakan, kita beri sanksi atau tidak," ujar Danang dalam konferensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (5/10).

 Danang mencontohkan pada kasus banjir tol Pondok Aren-Serpong KM 8 yang turut tergenang banjir pada 4 Oktober 2022 lalu, disebabkan oleh luapan sungai di sekitar jalan tol. Oleh sebab itulah pemerintah tidak bisa menghukum operator.

 "Jadi kita memberikan sanksi kalau tidak terpenuhinya SPM, misal karena drainasenya tidak sesuai dengan persyaratan teknisnya. Tapi kalau memberikan sanksi akibat adanya limpasan air yang muncul dari sungai, itu tidak bisa jadi tanggung jawab sepenuhnya dari BUJT," tuturnya.

Danang menilai, banjir yang terjadi di Tol Pondok Aren-Serpong KM 8 disebabkan oleh luapan air di sungai Cibenda di sekitar tol. Dia menjelaskan, perubahan tata guna lahan di sekitar jalan tol menyebabkan terjadinya penyempitan sungai dari 9 meter menjadi 3,8 meter.Hal tersebut menyebabkan air sungai gampang meluap sata hujan besar dan terjadi genangan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...