Cina Kuasai Pasar Baterai Kendaraan Listrik Dunia

Tia Dwitiani Komalasari
11 Oktober 2022, 06:00
Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging, Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022).
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.
Petugas mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging, Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022).

Pasar baterai kendaraan listrik (EV) global diperkirakan akan tumbuh dari US$17 miliar pada 2019 menjadi lebih dari US$95 miliar pada 2028. Saat ini, Cina menguasai 56% pasar kendaraan listrik berbasis baterai dunia.

Dikutip dari oilprice.com, perusahaan kendaraan listrik berbasis baterai telah melihat peluang dari meningkatnya permintaan untuk melakukan dekarbonisasi sektor transportasi.

Meskipun ada upaya dari Amerika Serikat dan Eropa untuk meningkatkan produksi baterai dalam negeri, pasar kendaraan listrik masih didominasi oleh pemasok Asia. Sepuluh produsen teratas kendaraan listrik semuanya adalah perusahaan Asia.

Dikuasai Cina

Saat ini, perusahaan China menguasai 56% pasar baterai EV, diikuti oleh perusahaan Korea (26%) dan pabrikan Jepang (10%).

Sepertiga baterai kendaraan listrik dunia berasal dari perusahaan Cina. Pemasok baterai terkemuka, CATL, memperluas pangsa pasarnya dari 32% pada 2021 menjadi 34% pada tahun ini.

CATL menyediakan baterai lithium-ion untuk Tesla, Peugeot, Hyundai, Honda, BMW, Toyota, Volkswagen, dan Volvo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...