Waspada Krisis Pangan, Ini Komoditas yang Berpotensi Sumbang Inflasi

Nadya Zahira
14 Oktober 2022, 14:19
Petani memisahkan padi dari tangkainya secara tradisional di persaawahan kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/6/2022).
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Petani memisahkan padi dari tangkainya secara tradisional di persaawahan kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/6/2022).

Badan Pangan Nasional mewaspadai ancaman krisis pangan yang akan berdampak pada inflasi. Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan, Bapanas akan meningkatkan mobilisasi pangan dari daerah surplus ke daerah defisit untuk menjaga stabilitas harga.

 “Langkah ini menjadi salah satu prioritas yang akan terus digenjot volume dan intensitasnya,” ujar Arief dalam acara BNI Investor Daily di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (12/10).

 Selain itu, Arief mengatakan pihaknya perlu menguatkan cadangan pangan dan teknologi untuk memperpanjang masa simpan. Salah satunya penggunan teknologi pendingin pada daging ayam, daging sapi, dan daging kerbau.

 Berikut tiga komoditas yang berpotensi dongkrak inflasi:

1. Beras

Harga beras mulai menunjukkan trend kenaikan sejak Agustus 2022. Meskipun pemerintah sudah melakukan operasi pasar sejak Agustus, namun harga beras masih menunjukkan kenaikan.

Pada Agustus 2022, rata-rata harga beras nasional Rp 11.850 per kg, naik dibandingkan rata-rata Juli seharga Rp 11.750 per kg. Sementara Rata-rata harga beras nasional September 2022 mencapai Rp 12.050 per kg.

Harga beras terus meningkat hingga awal Oktober 2022 mencapai Rp 12.150 per kg. Arief menyatakan, surplus beras diperkirakan mencapai 7,5 juta ton hingga Desember 2022, berdasarkan data Neraca Pangan Nasional.

Namun demikian, Bulog tetap ditugaskan untuk menyerap beras petani sebesar 948 ribu ton untuk menjaga keamanan pangan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...