Rusia Siapkan Dana Rp 352 Triliun untuk Ganti Boeing hingga Airbus

Tia Dwitiani Komalasari
19 Oktober 2022, 10:09
Pesawat Boeing 737 MAX mendarat setelah uji coba penerbangan di Boeing Field di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Senin (29/6/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Karen Ducey/foc/cf
Pesawat Boeing 737 MAX mendarat setelah uji coba penerbangan di Boeing Field di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Senin (29/6/2020).

Rusia berencana untuk menyiapakan dana sebesar 1,4 triliun rubel atau sebesar Rp 352,3 triliun dari anggaran negaranya untuk mengganti pesawat produksi asing dengan buatan domestik. Kebijakan tersebut diberlakukan untuk mengurangi ketergantungan pada industri negara barat.

Sanksi yang diberikan negara barat atas invasi Ukraina menyebabkan Rusia kesulitan untuk mendapatkan suku cadang dan memperbaiki pesawat produksi luar negeri.

Perusahaan penyewaan pesawat akan diberikan dana untuk mengganti pesawat Boeing dan Airbus dengan pesawat baru buatan Rusia, termasuk Sukhoi Superjet New dan Irkut MS-21.

"Produsen pesawat kami akan dijamin permintaan untuk sewa, yang kemudian akan digunakan untuk penerbangan domestik kami," kata Menteri Keuangan Anton Siluanov pada rapat komite anggaran, di Duma, dikutip dari Reuters, Rabu (19/10).

Dana untuk membayar skema penggantian pesawat akan dialihkan dari National Wealth Fund (NWF. Sumber dana tersebut akhir-akhir ini semakin banyak digunakan untuk menopang perekonomian dalam menghadapi sanksi negara barat atas tindakan Rusia di Ukraina.

Seorang perwakilan Kementerian Keuangan Rusia menyatakan bahwa dana tersebut diharapkan akan dihabiskan pada 2030.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...